Analisis Kinerja Petugas Terminal Service Officer (TSO) Terhadap Pengawasan Fasilitas Pt Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional El Tari Kupang

Authors

  • Gustania Dora Pereira Soares De Jesus Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Septiyani Putri Astutik Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkpim.v1i3.109

Keywords:

Officer Performance, Terminal Service Officer, El Tari Kupang International Airport

Abstract

The Terminal Service Officer, or better known as the Terminal Inspection Service, is a work unit tasked with supervising all facilities in the Land Side area of the airport, curb/sidewalk, parking area and terminal building. Before the airport operates, the Terminal Service Officer ensures or checks in advance whether all facilities are ready to operate or not, if one of these facilities is not ready, it will affect the operational processes of El Tari Kupang International Airport and can also pose a risk to the performance of TSO officers. . The purpose of this research is to find out the performance and efforts of Terminal Service Officers in resolving obstacles to facility monitoring at El Tari Kupang International Airport.

This study used a qualitative descriptive method using data from interviews with 3 Terminal Service Officers, observation and documentation. The data analysis technique used in this study is data reduction, data presentation and drawing conclusions.

Based on the results of this study, Terminal Service Officers (TSO) have duties and responsibilities that are in accordance with Standard Operating Procedures including facilities that are the responsibility of Terminal Service Officers, especially the land side area, passenger terminal and departure/arrival area, carry out routine checks supporting facilities to keep them operating properly. If in carrying out the supervision there is a damaged facility, it will be immediately coordinated with the unit concerned and repaired immediately.

References

Agustina , Theresia. 2018. Pengaruh Kinerja Petugas Terminal Inspection Terhadap Perawatan fasilitas Dalam Meningkatkan Kepuasaan Penumpan PT Angkasa Pura I di Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Skripsi Thesis , Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

As’ad , Muhamad. 2020. Analisis Kinerja Terminal Inspection Mengenai Perawatan Fasilitas Dalam Meningkatkan Kepuasan Penumpang PT Angkasa Pura 1 Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Skripsi Thesis , Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Bab II Landasan Teori. https://eprints.umm.ac.id/72781/3/BAB%20II.pdf .(Diakses pada tanggal 11 Februari 2023)

Keputusan Menteri Perhubungan Km 48 Tahun 2002 Tentang Penyelenggaraan Bandar Udara Umum. (Diakses pada tanggal 8 Februari 2023)

Masrifah, S. 2015. Pelayanan Penumpang Angkutan Udara di Terminal 2 Domestik Bandar Udara Juanda Surabaya. Jurnal Perhubungan Udara, 41(4), 219-232.

Menteri Peraturan Perhubungan Kebandarudaraan Nasional. Tahun 2010 Tentang Tatanan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 178 Tahun 2015 Pasal 3 tentang level of service.

Meyrawati, Z., & Rachmani, K. 2015. Evaluasi Fasilitas Alih Moda Di Bandara Internasional Lombok. Jurnal Penelitian Transportasi Multimoda, 13(2), 81-88.

Mudrikah , Ella .2019. Analisis Pelayanan Petugas Terminal Inspection Pada Perusahaan PT. Angkasa Pura I Dalam Menunjang Pelayanan Bagian Sisi Darat Di Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Tugas Akhir , Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantraan Yogyakarta.

Nasution , Sri. 2019. Bab II Teoritas Kinerja Portal Universitas Qualitas. http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/162/4/BAB%20II.pdf. (Diakses pada tanggal 9 Februari 2023)

Peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara No. SKEP/77/V1/2005 tentang Persyaratan Teknis Pengoperasian Fasilitas Teknik Bandar Udara. (Diakses pada tanggal 8 Februari 2023)

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan (Diakses pada tanggal 8 Februari 2023)

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 1995 Tentang Angkutan Udara. . (Diakses pada tanggal 8 Februari 2023)

PT Angkasa Pura 1 (Persero). (2016). Tentang Kami Dalam Eltari International Airpot Kupang https://kupang-aiport.com/id . (Diakses pada tanggal 11 Februari 2023)

Robbins, Stephen P., 2006. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks, Kelompok Gramedia.

Sedarmayanti. 2003. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Sembiring.2020.Bab II Teoritis Kinerja Portal Universitas Qualitas. http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/162/4/BAB%20II.pdf .(Diakses pada tanggal 9 Februari 2023)

Sobri, Rizki .2020. Analisis Kinerja Petugas Terminal Service Officer Dalam Perawatan Fasilitas Di Bandar Udara Internasional Zainduddin Abdul Madjid Lombok. Skripsi Thesis , Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Sugiyono, Prof. Dr. (2019) . Metode Kuantitatif,Kualitatif,R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta

Syahpura, Andi. 2020. Pengaruh Kinerja Petugas Terminal Service Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Internasional Adisujipto Yogyakarta. Skripsi Thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Zunarti , Dyan. 2020. Analisis Pengaruh Kinerja Petugas Terminal Inspection Terhdadap Kepuasan Penumpang Terminal A Bandar Udara Internasional Adisujipto Yogyakarta. Skripsi Thesis , Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Gustania Dora Pereira Soares De Jesus, & Septiyani Putri Astutik. (2023). Analisis Kinerja Petugas Terminal Service Officer (TSO) Terhadap Pengawasan Fasilitas Pt Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional El Tari Kupang. Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 1(3), 116–126. https://doi.org/10.59031/jkpim.v1i3.109