PENGARUH ARUS KAS OPERASI DAN LABA BERSIH TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021

Authors

  • Maria Ulrika Jeniwati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Maria Yovita R. Pandin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkpim.v1i3.122

Keywords:

Arus Kas Operasi, Laba Bersih, Kebijakn Dividen

Abstract

Pengaruh Arus Kas Operasi Dan Laba Bersih Terhadap Kebijakan Dividen  Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Manufaktur adalah sebuah badan usaha yang mengoperasi mesin, peralatan, tenaga kerja dalam suatu medium proses untuk mengubah bahan-bahan baku menjadi barang jadi dengan memiliki nilai jual. Semua proses manufaktur dan tugas dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dikembangkan oleh masing-masing karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh laba bersih dan arus kas operasi terhadap dividen kas. serta pengaruh kesalahan proses manufaktur terhadap produksi barang di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitaf. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi regresi linier, asumsi, t, f, dan koefisien determinan. Metode pengambilan sampel menggunakan metode pengambilan sampel tunggal. Sampel pada penelitian ini 11 perusahaan yang berasal dari laporan keuangan tahunan, sehingga data penelitian yang berasal dari laporan keuangan tahunan sebanyak 33 data. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah pembagian dividen. Sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah arus kas operasi dan laba bersih. Berdasarkan hasil analisis statistik yang dilakukan oleh SPSS, dimungkinkan untuk mengidentifikasi perbedaan yang signifikan dalam cara operasi dilakukan. Laba memiliki dampak negatif yang signifikan pada dividen.  Arus kas operasi dan laba bersih tidak berpengaruh kebijakan dividen.

 

References

Abizar, M., Nuha, G. A., & Yulinartati. (2023). pengaruh laba bersih dan arus kas operasi terhadap kebijakan dividen pada perusahan sektor perbankan yang terdaftar di BEI.

Afriza, R. (2021). Pengaruh Arus Kas Operasi Dan Laba Bersih Terhadap Dividen Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang terdaftar di BEI.

Asmarani, I. H. (2023). Pengaruh Collateralizable Asset, Likuiditas,Pertumbuhan Aset , Profitabilitas,Kebijakan Utang Dan Levegare, Terhadap Kebijakan Dividen.

Brigham, E. F. (2006). Fundamental Of Financialmanagement. Jakarta Salemba Empat: Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.

Christy, K. H., & Karlin. (2023). pengaruh arus kas operasi, laba kotor, dan pertumbuhan penjualan terhadap harga saham pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI.

Darmawan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Elfitriyanti, I., Miftah, & Anggraeni, L. (2023). Pengaruh Arus Kas, Likuiditas, Profitasbilitas Dan Leverage Terhadap Kebijakan Deviden Pada Bank Umum Syariah Indonesia Tahun 2017-2021.

Fahmi. (2019). Analisis Kinerja Keuangan . CV. Alfabeta.

Hafsah, Z. H., & K.I, F. (2017). Akuntansi Keuangan Menengah 1. Medan: Perdana Publishing.

Harahap, B. (2018). Pengaruh Laba Bersih Dan Arus Kas Aktivitas Pendanaan Terhadap Dividen Pada Perusahaan Manufaktur . Batam: Dosen Program Studi Akuntansi, Universitas Putera Batam.

Haryono, R., & Slamet., S. (2021). Pengaruh Arus Kas operasi dan pajak terhadap kebijakan dividen pada perusahan yang terdaftar di Jakarta Slamic Index. Jakarta: Jurnal Ilimiah Akuntansi Dan Humanika.

hery. (2011). Akuntansi Keuangan Menengah II, 203.

Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing service).

Iman, M. F. (2022). Pengaruh Arus Kas Bersih, Current Rasio Dan, Arus Kas Terhadap Harga Saham Perusahaan

Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. In Indonesia: RajaGrafindo Persada.

Kharisma, P. (2020). Pengaruh Laba Bersih Dan Arus Kas Operasi Terdap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufatur yang Terdaftar Di BEI. Batam: Universitas Batam.

Lastari, W. (2019). Pengaruh Arus Kas Operasi Dan Laba Akuntansi Terhadap Return Saham Pada Perusahaan LQ-45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (2015-2018.

Nurlina Nainggola, B. G. (2023). Pengaruh Keputusan Investasi, Struktur Modal, Kebijakan Dividen Dan Tingkat Profitabilitas Trhadap Nilai Perusahaan.

Rachmawati, R. (2016). Pengaruh arus kas Operasi dan laba akuntansi terhadap return saham.

Riefky, M. (2023). Pengaruh Arus Kas Aktivitas Operasional Dan Laba Bersih Terhadap Harga Saham. Surabaya.

Rini, A. (2021). Pengaruh ARus kas operasi dan laba bersih terhadap dividen pada perusahaan maanan dan minuman di BEI.

Rudianto. (2012). Konsep Dan Teknik Penyusunan Laporan keuangan . Erlangga Pengantar Akuntansi, 159.

Samrotun, Y. (2015). Kebijakan Dn Faktor-faktor yang memengaruhi. Surakarta: Jurnal paradigma universitas islam batik Surakarta.

Santoso, F. I. (2023). Pengaruh Arus Kas Operasi Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis , 56-63.

Santoso, N., & Manaf, S. (2019). Analisis pengaruh arus kas operasi dan laba bersih terhadap harga saham pada perusahaanotomotif yang terdaftar di BEI .

Sudarmanto, E. (2022). Konsep Dasar Manajemen Keuangan. Medan Yayasan Kita Menulis: Manajemen Keuangan.

Suhaim, R., & Haryono, S. (2019). Analisis Pengaruh Arus Kas Operasional Dan Laba Bersih Terhadap Hrga Saham Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesiatahun 2013-2017. Jurnal Eonomi Manajemen Akuntansi , 46.

Sumekar, A. (2018). Pengaruh Arus Kas Terhadap Pembayaran Deviden Pada PerusahaanManufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Warta Dramawangsa, 56.

Zahra, R. (2022). pengaruh laba bersih dan arus kas terhadap kebijakan dividen sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Maria Ulrika Jeniwati, & Maria Yovita R. Pandin. (2023). PENGARUH ARUS KAS OPERASI DAN LABA BERSIH TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021. Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 1(3), 39–57. https://doi.org/10.59031/jkpim.v1i3.122