Transformasi E-Business di Era Society 5.0 Mengubah Perilaku Konsumen dan Model Bisnis

Authors

  • Maheswara Wira Yoganata Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkpim.v2i2.402

Keywords:

Teknologi e-bisnis, Fourth Industrial Revolution era, Regression Analysis

Abstract

Pada era Revolusi Industri 4.0, perkembangan teknologi e-bisnis telah mengubah secara signifikan perilaku konsumen, terutama di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak penggunaan aplikasi Dana, Tiket.com, dan Netflix terhadap perubahan perilaku mahasiswa di Universitas Duta Bangsa. Metode kuantitatif digunakan dengan melakukan survei terhadap 100 responden yang dipilih secara acak. Analisis regresi linear dan logistik digunakan untuk menguji hubungan antara penggunaan aplikasi dengan perubahan perilaku. Hasilnya menunjukkan adanya hubungan positif antara penggunaan aplikasi Dana dengan peningkatan perilaku belanja online dan menabung, serta antara penggunaan aplikasi Tiket.com dengan preferensi pembelian tiket acara. Sementara itu, penggunaan aplikasi Netflix berkaitan dengan perubahan preferensi menonton film dari bioskop ke layanan streaming. Implikasi temuan ini menegaskan pentingnya memahami dampak teknologi e-bisnis dalam membentuk pola perilaku konsumen di era digital saat ini.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Maheswara Wira Yoganata. (2024). Transformasi E-Business di Era Society 5.0 Mengubah Perilaku Konsumen dan Model Bisnis. Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 2(2), 54–68. https://doi.org/10.59031/jkpim.v2i2.402