OPTIMALISASI LAYANAN PELANGGAN BERBASIS E-BUSINESS DALAM MEMBANGUN KOMPETITIVITAS PERUSAHAAN DI EKONOMI 5.0

Authors

  • Ferdiana Rossi Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Mega Nur Indah Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • pramono pramaono Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkpim.v2i2.405

Keywords:

Optimalisasi Layanan Pelanggan, E-Business, Kompetitivitas Perusahaan, Ekonomi 5.0

Abstract

Pertumbuhan ekonomi digital telah membawa paradigma baru dalam dunia bisnis yang dikenal dengan Ekonomi 5.0. Dalam konteks ini, perusahaan dituntut untuk beradaptasi dengan perubahan yang cepat, terutama dalam hal peningkatan layanan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana optimalisasi layanan pelanggan berbasis e-business dapat memperkuat kompetitivitas perusahaan di era Ekonomi 5.0. Metodologi penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur dan analisis komprehensif terhadap konsep-konsep terkait seperti e-business, layanan pelanggan, dan Ekonomi 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi e-business ke dalam layanan pelanggan mempunyai dampak positif yang signifikan terhadap kualitas layanan, kepuasan pelanggan, dan daya saing perusahaan. Di era Ekonomi 5.0 perusahaan perlu memanfaatkan teknologi secara efektif untuk mengoptimalkan interaksi  pelanggan, mempersonalisasi pengalaman, merespon kebutuhan dan preferensi pelanggan dengan lebih cepat. Oleh karena itu, berinvestasi pada sistem e-business yang canggih dan strategi layanan pelanggan yang inovatif adalah kunci untuk membangun kompetitivitas perusahaan di era digital yang terus berkembang.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Ferdiana Rossi, Mega Nur Indah, & pramaono, pramono. (2024). OPTIMALISASI LAYANAN PELANGGAN BERBASIS E-BUSINESS DALAM MEMBANGUN KOMPETITIVITAS PERUSAHAAN DI EKONOMI 5.0 . Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 2(2), 81–90. https://doi.org/10.59031/jkpim.v2i2.405