OPTIMALISASI LAYANAN PELANGGAN BERBASIS E-BUSINESS DALAM MEMBANGUN KOMPETITIVITAS PERUSAHAAN DI EKONOMI 5.0
DOI:
https://doi.org/10.59031/jkpim.v2i2.405Keywords:
Optimalisasi Layanan Pelanggan, E-Business, Kompetitivitas Perusahaan, Ekonomi 5.0Abstract
Pertumbuhan ekonomi digital telah membawa paradigma baru dalam dunia bisnis yang dikenal dengan Ekonomi 5.0. Dalam konteks ini, perusahaan dituntut untuk beradaptasi dengan perubahan yang cepat, terutama dalam hal peningkatan layanan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana optimalisasi layanan pelanggan berbasis e-business dapat memperkuat kompetitivitas perusahaan di era Ekonomi 5.0. Metodologi penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur dan analisis komprehensif terhadap konsep-konsep terkait seperti e-business, layanan pelanggan, dan Ekonomi 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi e-business ke dalam layanan pelanggan mempunyai dampak positif yang signifikan terhadap kualitas layanan, kepuasan pelanggan, dan daya saing perusahaan. Di era Ekonomi 5.0 perusahaan perlu memanfaatkan teknologi secara efektif untuk mengoptimalkan interaksi pelanggan, mempersonalisasi pengalaman, merespon kebutuhan dan preferensi pelanggan dengan lebih cepat. Oleh karena itu, berinvestasi pada sistem e-business yang canggih dan strategi layanan pelanggan yang inovatif adalah kunci untuk membangun kompetitivitas perusahaan di era digital yang terus berkembang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.