Analisa Fundamental Makro, Fundamental Mikro terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Makanan Minuman Periode 2015-2020

Authors

  • Putri Ayu Evitasari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hwihanus Hwihanus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkpim.v2i3.441

Keywords:

Fundamental Makro, Fundamental Mikro, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor fundamental makro dan mikro terhadap nilai perusahaan dengan mempertimbangkan struktur modal, kinerja keuangan, dan karakteristik perusahaan sebagai variabel intermediasi selama periode 2015-2020. Variabel intervening menjelaskan hubungan antara variabel independen dan dependen, dalam hal ini struktur modal, kinerja keuangan, dan karakteristik perusahaan memberikan gambaran tentang bagaimana nilai perusahaan dipengaruhi oleh variabel makroekonomi dan mikroekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data yang dikumpulkan dari sumber seperti BPS, laporan keuangan perusahaan, dan idx.com, dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling PLS 4. Judul penelitian ini adalah "Analisis Fundamental Makro, Fundamental Mikro terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal, Kinerja Keuangan, dan Karakteristik Perusahaan sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan yang bergerak di Sektor Makanan dan Minuman Periode 2015-2020". Hasil penelitian menunjukkan bahwa fundamental mikro berpengaruh positif sebesar 0,372 dan signifikan pada level 0,030 terhadap struktur modal, serta berpengaruh positif sebesar 0,455 dan signifikan pada level 0,044 terhadap nilai perusahaan. Selain itu, kinerja keuangan berpengaruh positif sebesar 0,517 dan signifikan pada level 0,002 terhadap nilai perusahaan. Temuan tersebut menunjukkan bahwa faktor fundamental mikro dan kinerja keuangan berperan penting dalam menentukan nilai perusahaan sektor makanan dan minuman selama periode penelitian.

Published

2024-06-23

How to Cite

Putri Ayu Evitasari, & Hwihanus Hwihanus. (2024). Analisa Fundamental Makro, Fundamental Mikro terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Makanan Minuman Periode 2015-2020. Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 2(3), 36–49. https://doi.org/10.59031/jkpim.v2i3.441