Analisa Fundamental Makro, Fundamental Mikro terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Makanan Minuman Periode 2015-2020
DOI:
https://doi.org/10.59031/jkpim.v2i3.441Keywords:
Fundamental Makro, Fundamental Mikro, Nilai PerusahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor fundamental makro dan mikro terhadap nilai perusahaan dengan mempertimbangkan struktur modal, kinerja keuangan, dan karakteristik perusahaan sebagai variabel intermediasi selama periode 2015-2020. Variabel intervening menjelaskan hubungan antara variabel independen dan dependen, dalam hal ini struktur modal, kinerja keuangan, dan karakteristik perusahaan memberikan gambaran tentang bagaimana nilai perusahaan dipengaruhi oleh variabel makroekonomi dan mikroekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data yang dikumpulkan dari sumber seperti BPS, laporan keuangan perusahaan, dan idx.com, dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling PLS 4. Judul penelitian ini adalah "Analisis Fundamental Makro, Fundamental Mikro terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal, Kinerja Keuangan, dan Karakteristik Perusahaan sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan yang bergerak di Sektor Makanan dan Minuman Periode 2015-2020". Hasil penelitian menunjukkan bahwa fundamental mikro berpengaruh positif sebesar 0,372 dan signifikan pada level 0,030 terhadap struktur modal, serta berpengaruh positif sebesar 0,455 dan signifikan pada level 0,044 terhadap nilai perusahaan. Selain itu, kinerja keuangan berpengaruh positif sebesar 0,517 dan signifikan pada level 0,002 terhadap nilai perusahaan. Temuan tersebut menunjukkan bahwa faktor fundamental mikro dan kinerja keuangan berperan penting dalam menentukan nilai perusahaan sektor makanan dan minuman selama periode penelitian.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.