Strategi Komunikasi Pemasaran Event Organizer Untuk Membangun Kepercayaan Pelanggan Ala Rasulullah SAW
DOI:
https://doi.org/10.59031/jkpim.v2i4.484Keywords:
Strategi Komunikasi Pemasaran, Event Organizer, Kepercayaan Pelanggan, CV Sultan Promosindo, Sultan Event Organizer GroboganAbstract
Penelitian ini mengidentifikasi strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh CV Sultan Promosindo, sebuah event organizer di Grobogan, dalam upaya membangun kepercayaan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan ini menerapkan strategi bauran komunikasi yang meliputi humas, penjualan pribadi, periklanan, dan promosi penjualan. Aktivitas humas dilakukan melalui program-program yang melibatkan klien dan komunitas. Penjualan pribadi diwujudkan melalui interaksi langsung dengan klien, seperti presentasi dan pertukaran informasi. Periklanan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, halaman web, YouTube, dan TikTok untuk tujuan promosi dan penyebaran informasi. Promosi penjualan dilakukan melalui konferensi pers dengan melibatkan mitra media lokal dan reporter portal online untuk meliput acara. Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi CV Sultan Promosindo. Meskipun strategi-strategi ini terbukti efektif dalam membangun kerjasama dengan pelanggan, beberapa kendala komunikasi masih ditemui, seperti kesenjangan pengetahuan mengenai acara, kesulitan meyakinkan klien tentang ide yang ditawarkan, dan gangguan proses internal klien yang menghambat timeline kerja event organizer. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya CV Sultan Promosindo untuk lebih proaktif dalam memanfaatkan media baru yang berkembang, serta memperkuat iklan di media massa agar promosi dapat menjangkau khalayak yang lebih luas. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi usaha di bidang jasa untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan serta bermanfaat bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir serupa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.