UPAYA PENGEMBANGAN DAN PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM E-COMMERCE SHOPEE

Authors

  • Devira Larasati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hwihanus Hwihanus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkpim.v1i1.51

Keywords:

E-commerce, Shopee, Loyalitas Pelanggan.

Abstract

Globalisasi yang membawa dampak berupa perkembangan kemajuan teknologi yang dapat kita nikmati saat ini. Dengan adanya kemajuan teknologi dapat mengubah segala aspek kehidupan termasuk didalam dunia bisnis. Adanya kemajuan teknologi dalam dunia bisnis ditandai dengan muncul dan berkembangnya e-commerce dalam kehidupan, salah satunya adalah Shopee online shop. Pertumbuhan e-commerce yang bergerak pesat tentunya akan meningkatkan daya saing dalam bidang e-commerce ini. Tak hanya itu, adanya bisnis e-commerce ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Melihat banyaknya pesaing maka Shopee tentunya memerlukan strategi untuk menciptakan suatu inovasi baru dari masa ke masa guna untuk menumbuhkan loyalitas bagi para customernya. Kepuasaan customer selalu menjadi prioritas utama bagi para pedagang dalam dunia e-commerce. Kepuasan customer menjadi salah satu factor yang penting dalam kesuksesan suatu bisnis e-commerce itu sendiri. Begitu pula dengan Shopee.

Tujuan dilakukannya penelitian ini berguna untuk menganalisis sistem teknologi informasi manajemen dan upaya pengembangannya yang kini terjadi pada bisnis e-commerce shopee. Metode yang digunakan untuk meneliti kali ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan juga metode studi kepustakaan. Dalam hasil analisis kali ini menunjukkan bahwa bisnis e-commerce, Shopee Indonesia berpotensi untuk menjadi suatu perusahaan belanja online terbesar dan terlaris yang menyediakan berbagai produk dan manfaat pelayanan serta jaminan keamanan yang memadai baik dalam pembelian produknya maupun transaksi yang berlangsung. Selain itu, dapat diketahui bahwa terdapat suatu dampak pengaruh yang positif terhadap hubungan antara suatu reward yang berikan oleh shopee seperti koin, jasa pengiriman, dan event bulanan yang ada dengan loyalitas pengguna Shopee.

References

A., B. &. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen . 1-65.

Adidarma, R. A. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Risiko Pada Minat Beli Belanja Online. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1-14.

Daryanti, P. &. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Konsep E-Servqual.

Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry, 120-127.

Fatta, H. A. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern.

Ghani, A. d. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada e-commerce shopee Indonesia.

Nasution, M. J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Belanja Online Shopee Pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Downloads

Published

2023-01-03

How to Cite

Devira Larasati, & Hwihanus Hwihanus. (2023). UPAYA PENGEMBANGAN DAN PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM E-COMMERCE SHOPEE. Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 1(1), 78–89. https://doi.org/10.59031/jkpim.v1i1.51