PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENGEMBANGAN DIGITAL MARKETPLACE PASCA PANDEMI BERBASIS CONSUMER TO CONSUMER (C2C)

Authors

  • Ananta Kumala Sari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hwihanus Hwihanus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkpim.v1i1.52

Keywords:

Digital Marketplace; Teknologi; Sistem Informasi Manajemen

Abstract

Perubahan zaman yang diikuti perkembangan teknologi membuat kehidupan semakin canggih dan instan, segala informasi dapat kita temukan di internet. Teknologi telah mengubah gaya hidup masyarakat secara signifikan, selama pandemi covid-19 seluruh aktivitas lumpuh terutama pada aktivitas ekonomi dan penggunaan internet meningkat. Oleh karena itu, seluruh transaksi penjualan atau pembelian dilakukan secara online, misalnya masyarakat yang ingin memenuhi kebutuhannya tidak perlu mengunjungi toko offline hanya untuk berbelanja, kini dapat dilakukan melalui gadget untuk bertransaksi. Digital marketplace merupakan salah satu tempat yang dikembangkan oleh perusahaan untuk membangun perekonomian di Indonesia pada saat pandemi hingga saat ini masih terus berlangsung. Metode yang digunakan dalam menyusun yaitu studi literatur atau kepustakaan dengan menggunakan jurnal-jurnal terkait. Dengan adanya marketplace ini memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia baik dari pedagang maupun konsumen karena dapat membantu dalam meningkatkan pendapatan dan menunjang usaha.

References

Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran e-commerceterhadap perekonomian Indonesiaselama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 114-123.

Hanafi, A. (2020). ANALISIS MODEL BISNIS E-COMMERCE C2C DI TOKOPEDIA SALAM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH.

Maulida, U. (2022). MARKETPLACE SHOPEE SEBAGAI ALTERNATIF MENGEMBANGKAN EKONOMI KREATIF DI MASA PASCA PANDEMI COVID-19. 33-41.

Salsabilla, F. M., & Ardhiyansyah, A. (2021). PERAN E-COMMERCE DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI DI MASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP MINAT BELI. Seminar Nasional Ekonomi dan Akuntansi, 240-247.

Sidiq, R. (2020). IMPLEMENTASI MARKETPLACE JUAL BELI BARANG BEKAS MENGGUNAKAN MODEL CUSTOMER TO CUSTOMER PADA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). PERAN MARKETPLACE SEBAGAI ALTERNATIF BISNIS DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika.

Adieb, M. (2021). Mengenal Model Bisnis C2C, Bisnis yang Untungkan Sesama Customer. Retrieved from https://glints.com/id/lowongan/c2c-adalah/#.Y7J9XNVBzIV diakses 21 desember 2022

Arwani, I. (2019). Digital Marketing Strategy di Indonesia Untuk Pelaku BisnisMarketplace End-User (C2C). Retrieved from https://www.studocu.com/id/document/universitas-pelita-harapan/bisnis-internasional/study-kasus-tokopedia/6089232 diakses 21 desember 2022

Downloads

Published

2023-01-03

How to Cite

Ananta Kumala Sari, & Hwihanus Hwihanus. (2023). PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENGEMBANGAN DIGITAL MARKETPLACE PASCA PANDEMI BERBASIS CONSUMER TO CONSUMER (C2C). Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 1(1), 90–100. https://doi.org/10.59031/jkpim.v1i1.52