PERAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI AKTIVITAS PENGENDALIAN DAN SIKLUS PRODUKSI DALAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Authors

  • Devira Larasati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hwihanus Hwihanus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkpim.v1i1.53

Keywords:

Sistem Informasi Akuntansi, Siklus Produksi Digital, Aktivitas Pengendalian

Abstract

Para peneliti mengadakan riset untuk mengidentifikasi jawaban metodis, logis, dan objektif atas problem-problem yang ada dengan menggunakan data yang telah diakumulasi dan dikompilasi untuk melakukan suatu penelitian itu. Tujuan dari penelitian yang kini telah dilakukan adalah untuk menentukan seberapa besar dari pengaruh sistem informasi dalam kegiatan sehari- hari dalam sebuah perusahaan. Pembangunan ekonomi sekarang meminta agar selalu mengalami peningkatan kemajuan, ketangkasan dan bakat dalam mendapatkan informasi sehingga investor dan manajemen dapat membuat pilihan yang berkaitan dengan informasi tersebut. Sejalan dengan perkembangan teknologi dan sistem informasi yang semakin pesat, siklus produksi dan pola sistem pengendalian dalam ekonomi terus berkembang. Selalu mengalami perubahan dari tahun ke tahunnya menjadi semakin lebih canggih lagi. Kemajuan teknologi juga berperan dalam siklus produksi dan aktivitas pengendalian. Pada siklus produksi bergerak menggeser kegunaan ketenaga kerjaan manusia menjadi tugas mesin program untuk mengolahnya. Pada aktivitas pengenddalian yang modern kini tersedia penerapan metode pengendalian yang modern, bentuk aplikasi sistem tersebut sendiri adalah JIT, TQM, dan DSS. Dalam pengembangannya, kini transaksi dapat dilakukan dengan membayar via e-money (Electronic Money). Kehadiran sistem-sistem yang serba digital tersebut ada karena tingkat kebutuhan masyarakat yang semakin bertambah dan diiringi dengan kemajuan teknologi menyebabkan kemudahan dalam melakukan transaksi. Artikel ini ditulis untuk menjelaskan dan menganalisis perkembangan siklus produksi dan aktivitas pada perusahaan manufaktur dalam masyarakat. Makalah ini menggunakan metodologi kualitatif dan metode kepustakaan yang berasal dari jurnal-jurnal yang relevan. Kesimpulan artikel penelitian ini mengatakan bahwa perkembangan-perkembangan teknis dan informasi pada era ekonomi digital tidak dapat dihindari. Ini manufaktur siklus dan sistem pembayaran digital masing-masing memiliki set kekurangan dan kekuatan mereka sendiri. Sebagai hasilnya, kita sebagai pelaku digital harus sebagai terampil dan berpikiran terbuka mungkin untuk menghindari kelemahan yang disebabkan oleh kelemahan saat ini dan memaksimalkan manfaat yang dapat diakses.

References

Deni, T. d. (2008). E-Payment Sistem. Prosiding Seminar Ilmiah 616.

Halim, A. (1995). Sistem Informasi Akuntansi.Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.

Purwaningsih, N. I. (2012). Evaluasi Kebutuhan Sistem Informasi Akuntansi pada Proses Pelaporan Sistem Produksi Perusahaan Manufaktur (Studi Kasus PT. Multi Teknik Mandiri). Skripsi, Fakultas Ekonomi. Universitas Gunadarma.

Rapina & Christyanto, L. (2011). Peranan Sistem Pengendalian Internal Dalam Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Kegiatan Operasional Pada Siklus Persediaan dan Pergudangan (Studi Kasus Pada PT.Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk Bandung). Akurat Jurnal Ilmiah Akuntansi, No. 06, Tahun ke-2 September-Desember 2011. Jurusan Akuntansi. Universitas Kristen Maranatha.

Romney, M. B. (2015). Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Ketiga Belas. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Wargono, C. P. (2012). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Persediaan pada Perusahaan Manufaktur yang Bergerak di Bidang Plastik. Jurnal BERKALA ILMIAH MAHASISWA AKUNTANSI, VOL. 1, NO. 2, MARET 2012. Fakultas Bisnis. Unika Widya Mandala.

Downloads

Published

2023-01-03

How to Cite

Devira Larasati, & Hwihanus Hwihanus. (2023). PERAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI AKTIVITAS PENGENDALIAN DAN SIKLUS PRODUKSI DALAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR. Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 1(1), 101–112. https://doi.org/10.59031/jkpim.v1i1.53