Mengimplementasikan Bahasa, Logika, Kode, Dan Simbol Dalam Komunikasi Pembelajaran di TK An Nizam
DOI:
https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.435Keywords:
Bahasa, logika, kode, simbol, komunikasiAbstract
Komunikasi yang efektif sangat penting dalam pendidikan anak usia dini, karena komunikasi ini meletakkan dasar bagi keberhasilan akademis dan keterampilan sosial di masa depan. Namun, kompleksitas komunikasi pada kelompok usia ini dapat menjadi tantangan, terutama dalam hal penerapan bahasa, logika, kode, dan simbol. Penelitian ini dilakukan melalui metode kualitatif dengan mewawancarai salah satu guru yang ada di TK An Nizam. Penelitian ini juga dilakukan memalui observasi secara langsung dan melihat bagaimana cara guru, anak, dan orang tua dalam berkomunikasi yang efektif. Data-data yang sudah terkumpul melalui observasi di analisis secara deskriptif kualitatif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi unsur-unsur tersebut dalam komunikasi pendidikan anak usia dini, menelusuri dampaknya terhadap hasil belajar anak. Studi tersebut menemukan bahwa integrasi bahasa, logika, kode, dan simbol dalam komunikasi pendidikan anak usia dini secara signifikan meningkatkan perkembangan kognitif anak, keterampilan pemecahan masalah, dan kemahiran berbahasa. Temuan ini menunjukkan bahwa guru harus memasukkan unsur-unsur ini ke dalam praktik pengajaran mereka untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan efektif. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengetahuan yang ada dengan memberikan wawasan tentang pentingnya mengintegrasikan bahasa, logika, kode, dan simbol dalam komunikasi pendidikan anak usia dini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.