Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persaingan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Servis Pada PT. Astra Honda Motor Unaaha

Authors

  • Muh. Wahyuddin MH. Universitas Lakidende Unaaha

DOI:

https://doi.org/10.59031/jmsc.v2i1.358

Keywords:

competitive service quality, customer satisfaction, unaaha

Abstract

This research was conducted to determine the impact of service quality and competition on customer service satisfaction in PT. Astra Honda engine Unaaha. The population of this study includes 100 service customers at PT. Astra Honda engine Unaaha. The analysis method used is multiple Linier regression analysis. The results of this research revealed that service quality and competition simultaneously influence customer service satisfaction in PT. Astra Honda Motor Unaaha has a positive and significant impact on customer service satisfaction at PT. Astra Honda Motor Unaaha, while partly the service quality has a positive and significant influence on customer satisfaction with the services at PT. Astra Honda Motor Unaaha and competition have a positive and insignificant impact on customer service satisfaction at PT. Astra Honda engine Unaaha.

References

Alma, B, 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Ebert, J. R., & Griffin, W. R. (2014). Pengantar bisnis (edisi kesepuluh). Jakarta: Erlangga.

Fandi Tjiptono dan Gregorius Chandra 2016. Manajemen Pelayanan Jasa. enerbit Andi Yogyakarta

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang. Ghozali, Imam, 2012. Analisis multivariate dengan SPSS. Semarang: UNDIP PRESS

Harjati, Lily dan Yurike Venesia. 2015 Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Madala. E-journal WIDYA Ekonomika. 1(1): 67-68

Haryono, R. (2013) Analisis Pengaruh Servqual, Kpuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Penguna Layanan Internet Bangking dengan Menggunakan Metode Structural Equation Modelling (Studi Kasus : Bank X). Jurnal Sains dan Seni Pomits Vol. 2 No. 2, (2013) 2337-3520 (2301-928x Print)

Hummel, John W. and Ronald Savitt.1998. Integrated Customer Service and Retail Strategy. International Journal of Retailing. 3(2), 5-21.

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: RajawaliHutapea dan Nuriana. 2008. Pengaruh Komunkasi Pemasaran Terhadap Keputusan pembelian Teh Kotak Ultra Rasa Melati Oleh Remaja di Kota Bandung. Jurnal Proceeding Of Management. Volume: 3-3

Irham, Fahmi. 2013. Perilaku Organisasi Teori, Aplikasi dan Kasus. Bandung: Alfabeta CV

Kotler, P., Kartajaya, H., Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional Ke Digital.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Kotler, Philip. 2014. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan dan Implmentasi dan Pengendalian. Jilid II. Jakarta. Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad.2007. Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Lupiyoadi, Rahmat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. Lupiyoadi, R. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat.

Magdalena, M. (2014) Pengaruh Keputusan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah KPR BTN Pada PT. Bank Tabungan Negara Tbk. Cabang Padang. Jurnal KBP Vol 2 No. 2, Juni 2014.

Muhardi, 2007. Strategi Daya Saing Transportasi Pada PT. Jaya Prima Utama Lestari Bandung. Thesis (S2) Thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

Nasution, (2004). Perilaku Konsumen. Bandung: Alfabeta CV.

Parasuraman, A., V. A Zeithhaml, and L.L Berry. 2013. SERVQUAL. A Multiple Item Scale for Mesuring Consumer Perseptions of Service Quality. Journal of Retailing. Vol.64.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukandarrumidi. 2012. Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Supranto. 2006. Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan atau Konsumen. Jakarta: Rineka Cipta. Wawan Siswinarko (2006). Analisis Implementasi Strategi promosi pada PT. Layang Mega Scurites Galeri Efek Malang.

Downloads

Published

2024-01-30