Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Jamu Tolak Angin Cair Di Toko Nirmala Brebes

Authors

  • Azzah Hanifah Universitas Muhadi Setiabudi
  • Tri Octaviani Universitas Muhadi Setiabudi
  • Slamet Bambang Riono Universitas Muhadi Setiabudi
  • Muhammad Syaifulloh Universitas Muhadi Setiabudi
  • Syariefful Ikhwan Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i4.362

Keywords:

brand awareness, brand association, product quality, price, customer loyalty

Abstract

Effective marketing programs and efforts to educate consumers about the efficacy and use of products can help create greater awareness and build loyalty. This study investigated the influence between brand awareness, brand association, product quality, product price, and customer loyalty on Tolak Angin products at Nirmala Brebes Store. The population of this study was Tolak Angin customers at the Nirmala Brebes Store. The sample was taken 25% of the population of 412 people, so 103 respondents were obtained. The results showed that brand awareness has a positive and significant effect on customer loyalty, brand associations have a positive and significant effect on customers, product quality has a positive and significant effect on customers, price has a positive and significant effect on customers. Simultaneously, brand awareness, brand association, product quality, and product price have an influence on customer loyalty of Tolak Angin products at Nirmala Brebes Store by 84.4%.

References

Aisyah, W. N., Dumadi Dumadi Titi Rahmawati, I. D. M., & Yulianto, A. (2021). Pengaruh Harga, Biaya Produksi dan Biaya Promosi terhadap Omzet Penjualan Tahu. Journal of Accounting and Finance (JACFIN), 3(1), 46–58.

Andangprast, A. F. J. (2018). Kajian Perubahan Ilustrasi di dalam Kemasan Tolak Angin Varian Serbuk ke Cair Tahun 1951 hingga 2018. Design of Visual Communication.

Ansari, A., Riono, S. B., & Indriyani, A. (2022). Analysis of Economic Growth, Regional Minimum Wage, and Inflation on the Unemployment Rate in Brebes Regency. Tegal International Conference on Applied Social Science & Humanities (TICASSH 2022), 393–402.

Apipah, N., Riono, S. B., & Dumadi. (2022). Edukasi Penetapan Harga Jual bagi Pelaku UMKM Harum Manis Desa Parereja, Brebes. STPKat Publisher, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 1–10.

Ariyani, D., Riono, S. B., Sucipto, H., & Setiabudi, U. M. (2022). Pelatihan Branding Equity untuk Membangun Brand Image pada Pelaku UMKM di Desa Ciawi dalam Meningkatkan Daya Jual. Kreatif: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 100–106.

Chaerunnisa, T. U. A. (2023). Analisis Pengaruh Harga Produk, Citra Merek , Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Minat Beli Produk Sabun Lifebuoy di Minimarket Sari Mulya Kaligangsa. JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship, 1(4), 29–42.

Chusniartiningsih, E. (2019). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 4 Nomor 2 – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, 7(1), 85–95.

Darmawan, D., & Arifin, S. (2021). Studi Empiris Tentang Perilaku Konsumen Produk Air Minum dalam Kemasan Ditinjau dari Variabel Harga dan Kesadaran Merek. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 179.

Erfiana, I. (2020). Pengaruh Product Quality dan Emotional Marketing terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Masyarakat di Kecamatan Alian). Jurnal Manajemen Pemasaran.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17.

Guanabara, E., Ltda, K., Guanabara, E., & Ltda, K. (2018). The Influence Of Product Quality, Product Availability, Brand Image And Brand Trust Toward Purchase Decision. 4.

Halim, N. R., Iskandar, D. A., Bisnis, F., & Teknologi, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Persaingan terhadap Minat Beli. Junal Riset Manajamen dan Bisnis (JRMB), 4(3), 415–424.

Hidayat, F., Riono, S. B., Kristiana, A., & Mulyani, I. D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Inovasi Produk terhadap Kepuasan Pelanggan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. JECMER: Journal of Economic, Management and Enterpreneurship Research, 1(3), 214–231.

Ikhsani, K., & Hudaya, A. (2021). Model Niat Pembelian Kembali: Analisis Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek (Studi Kasus Produk Private Label Pada Toko Alfamidi di Kota Tangerang). Jurnal Perspektif Manajerial Dan Kewirausahaan (JPMK), 1(1), 1–14.

Islamiah, F., & Adawiah, R. (2023). Peran Citra Merek sebagai Mediasi pada Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Forum Ekonomi: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 25(3), 472–479.

Jayanti, L. D., & Brier, J. (2020). Pengaruh Asosiasi Merek, Loyalitas Merek, Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Ekuitas Merek Nike di Media Sosial pada Kalangan Konsumen Muda. Malaysian Palm Oil Council (MPOC), 21(1), 1–9.

Khumaeroh, F. A., Yanusa, N., Yulianto, A., & Riono, S. B. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Kasus di Toko Kosmetik Levina Beauty Brebes). JECMER: Journal of Economic, Management and Enterpreneurship Research, 1(4), 1–14.

Larasati, M. A. (2019). Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, Loyalitas Merek, Asosiasi Merek, Brand Attachment, dan Persepsi Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Cleo di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1–17.

Lorinda, I. P., & Amron, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Tolak Angin Sidomuncul di Kota Semarang. Mbia, 22(1), 53–64.

Maramis, F. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3), 1658–1667.

Maulana, D. A., Riono, S. B., Yulianto, A., & Syaifulloh, M. (2022). Pengaruh Harga dan Kelengkapan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Toko Ato Losari). Profesional Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(4), 1–11.

Murtiningsih, E., Susanti, R., Susanti, R., Indriastuti, D. R., & Indriastuti, D. R. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 20(1), 74–95.

Nuryani, F. T. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 452–462.

Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516–524.

Putri, N. D. P. D., Novitasari, D., Yuwono, T., & Asbari, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal of Communication Education, 15(1), 1267–1283.

Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114.

Subagiyo, A., Afdhal, A. F., & Derriawan. (2020). The Influence of Product Upgrading and Quality on Customer Satisfaction and its Impact on Consumer Loyalty Standardized Herbal Medicine (Research on Tolak Angin Sido Muncul Product in DKI Jakarta). International Journal of Health & Medical Sciences, 3(1), 136–145.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Susilo, M. A. (2022). Pengaruh Saluran Distribusi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Cleo. 2(3).

Syerin, E., Mavilinda, D., & Susanti, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Tolak Angin Pada Masa Pandemi di Surakarta. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10, 213–221.

Yulinda Salsabila, A., & Hidayat Nugroho, R. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kemasan Produk, dan Kesadaran Merek terhadap Minat Beli Produk Tolak Angin pada Masyarakat Desa Kesamben Kabupaten Tuban. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1942–1957.

Downloads

Published

2023-10-30