Kepuasan Konsumen, Kualitas Layanan, Celebrity Endorser, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Ulang Pasta Gigi Pepsodent Di Yogya Mall Kabupaten Brebes

Authors

  • Alif Nurfitrah Universitas Muhadi Setiabudi
  • Vivian Pushein Margaretha Amey Universitas Muhadi Setiabudi
  • Roby Setiadi Universitas Muhadi Setiabudi
  • Andi Yulianto Universitas Muhadi Setiabudi
  • Nur Aisyah Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i4.364

Keywords:

customer satisfaction, service quality, celebrity endorser, brand trust

Abstract

This study aims to analyze the effect of consumer satisfaction, service quality, celebrity endorsers, and brand trust on the interest in repurchasing Pepsodent toothpaste at Yogya Mall Brebes Regency. The population in this study was consumers of Pepsodent toothpaste in Yogya Mall. The number of samples used in this study was 136 respondents. Data collection was carried out by distributing questionnaires to Pepsodent toothpaste consumers at Yogya Mall. The analytical techniques used in this study are validity tests, reliability tests, classical assumption tests and multiple regression tests. The results showed that the variables of consumer satisfaction and service quality did not have a positive effect on repurchase interest, on the contrary, celebrity endorser variables and brand trust had a positive and significant effect on repurchase interest. Simultaneously, customer satisfaction, service quality, celebrity endorsers and brand trust affect the interest in repurchasing Pepsodent toothpaste at Yogya Mall Brebes Regency.

References

Abdianur, A., & Sukimin, S. (2019). Celebrity Endorser (Bintang Iklan) Sebagai Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Membeli Oli Fastron di Kota Balikpapan. 15–28.

Agustin, R. (2020). Perancangan Kampanye Kesehatan “Fitformation” dalam Gerak Aktif dan Hidup Sehat. Journal Komunikasi, 11(2), 83–92.

Apriyani, N., & Suhart. (2019). Analisis Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan terhadap Minat Beli Ulang Pengguna Smartphone Xiaomi. Manajemen Dewantara, 1(1), 21–34.

Ariyani, D., Riono, S. B., Sucipto, H., & Setiabudi, U. M. (2022). Pelatihan Branding Equity untuk Membangun Brand Image pada Pelaku UMKM di Desa Ciawi dalam Meningkatkan Daya Jual. KREATIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 100–106.

Catherine, J. I., & Santoso, T. (2021). Pengaruh Kemenarikan Produk dan Suasana Toko terhadap Minat Beli Ulang pada Miniso di Surabaya. Agora, 9(2).

Darmawan, V. J. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Batu Mutiara Indah. Agora, 8(1).

Dhirtya, D. A. M. C., & Warmika, I. G. K. (2022). Pengaruh Kepercayaan Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Mediasi Persepsi Nilai Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(3), 549.

Dumadi, D., Riono, S. B., & Mulyamin, M. (2021). Pengaruh Harga Jual dan Merek Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di Konter Andika Cell Losari). Journal of Economic and Management (JECMA), 2(1), 45–56.

Fadly, M., Bulan, T. P. L., & Amilia, S. (2023). Pengaruh Customer Satisfaction dan Customer Experience terhadap Minat Beli Ulang Garnier Men di Kota Langsa. 3(1), 221–230.

Fitra, J., & Bangsa, U. P. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Variasi Produk dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Ulang Scarlett Whitening Body Lotion. 2(1).

Hidayat, R., & Resticha, D. (2019). Kosmetik Wardah (Studi Pada Konsumen Kosmetik Wardah di Kota). 3(1), 40–52.

Imanuel, B. H., & Tanoto, S. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Hastaco Tour and Travel. Agora, 7(1), 1–8.

Inadiyah, V., & Khadijah, S. N. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Kepercayaan Konsumen pada Sabun Mandi Lifebuoy terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Kasus pada Masyarakat di Gang Mbah Santri Suci Gresik). 1(1), 50–55.

Marsha, D. (2021). Dampak Mediasi Kepuasan Pelanggan pada Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Elektronik terhadap Minat Beli Ulang Makanan Melalui Jasa Gojek Di Kota Malang. JIMMU, 6(1), 51–65.

Maulana, D. A., Riono, S. B., Yulianto, A., & Syaifulloh, M. (2022). Pengaruh Harga dan Kelengkapan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Toko Ato Losari). Profesional Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(4), 1–11.

Oktaria, Y., Mulyono, J., & Hartanti, L. P. S. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Kapal Mentawai Fast Rute Padang Kepulauan Mentawai. 20(2), 80–85.

Oktaviani, E., Feri, J., Aprilyadi, N., Zuraidah, Susmini, & Ridawati, I. D. (2022). Edukasi Kesehatan GEROGI (Gerakan Gosok Gigi) untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Pra Sekolah. JCES (Journal of Character Education Society), 5(2), 363–371.

Permatasari, B. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Kepercayaan, dan Keahlian Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian. Technobiz : International Journal of Business, 2(2), 76.

Pranata, D., Sukmana, W., & Muhamad Pauzy, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Cita Poultry Shop Tasikmalaya. Jurnal Hexagro, 3(1), 15–25.

Prawira, M. Y., Butarbutar, M., Sherly, & Nainggolan, L. E. (2019). Pengaruh Iklan terhadap Minat Beli Ulang dengan Persepsi Konsumen Sebagai Variabel Intervening pada Café Coffee Time And Seafood Pematangsiantar. 5, 48–60.

Prayoni, I. A., & Respati, N. N. R. (2020). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Hubungan Kualitas Produk dan Persepsi Harga dengan Keputusan Pembelian Ulang. E-Jurnal Manajemen, 9(4), 1379–1400.

Purbohastuti, A. W., & Hidayah, A. A. (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Performa, 4(1), 37–46.

Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running di Semarang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. 6, 1–12.

Ramadhani, M. D., Gde, T., & Sukawati, R. (2021). Open Access Peran Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Shopee. Co . Situs Web ID Tentang Niat Pembelian Kembali. 2, 570–579.

Riono, S. B. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Kredit, Prosedur Pemberian Kredit, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Simpan Pinjam. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan (JIMAK), 1(3), 1–12.

Sanditya, R. (2019). Hubungan Celebrity Endorser Dengan Keputusan Pembelian Produk Pakaian pada Konsumen Secara Online di Media Sosial Instagram. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1), 100–104.

Santoso, R. A., Ikhwan, S., & Riono, S. B. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Volume Penjualan Produk di PT Warung Pintar Distributor Cirebon. JECMER: Journal of Economic, Management and Enterpreneurship Research, 1(2), 1–10.

Sari, D. N. P., & Astutiningsih, S. E. (2022). Pengaruh Lokasi Usaha, Popularitas Merek, Variasi Produk, Kepercayaan,Gaya Hidup terhadap Minat Beli Ulang KonsumenAliyah Scraf Tulungagung melalui Budaya. Jurnal Ilmiah, 8(1), 363–384.

Suban, I. B., & Emanuel, A. W. R. (2020). Peran Framework ITIL V3 Mengukur Kualitas Layanan TI (Studi Kasus : Perpustakaan UAJY). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 5(2), 59–63.

Sugiyono, prof. D. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Sulistio, A., Santoso, T., & Wijaya, S. (2021). Pengaruh Autentisitas Merek terhadap Komitmen Merek dengan Kepribadian Merek dan Kepercayaan Pelanggan pada Produk Apple sebagai Variabel Mediasi. Scientific Repository, 11(2), 1–21.

Susilo, M. A., Ikhwan, S., & Riono, S. B. (2022). Pengaruh Saluran Distribusi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Cleo. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 102–114.

Zullaihah, R., & Setyawati, H. A. (2021). Analisis Pengaruh Iklan, Identitas Merek , dan Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Pengguna Smartphone Merek Oppo di Kebumen). 3(1), 169–184.

Downloads

Published

2023-10-31