Analisis Kinerja Petugas Check In Counter Pada PT. Kokapura Avia Cabang Yogyakarta International Airport

Authors

  • Annike Resty Putrie STTKD Yogyakarta
  • Andika Saputra STTKD Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i1.77

Keywords:

Kinerja, Check In Counter, Pelayanan

Abstract

Transportasi udara telah menjadi bagian penting bagi manusia yang banyak dipilih oleh masyarakat umum. Salah satu pelayanan pada transportasi udara di bandara adalah check in counter. Pelayanan pada check in counter sangat penting untuk mendukung kelancaran penerbangan. Petugas check in counter harus memiliki kinerja yang baik dalam melayani penumpang dan bagasi penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dan kendala petugas check in counter pada PT. Kokapura Avia cabang Yogyakarta International Airport.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Berbagai teknik, termasuk observasi, wawancara, dan dokumentasi, digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini. Reduksi data, penyajian data, dan penyusunan kesimpulan merupakan tiga tahapan analisis yang digunakan dalam penelitian.  Hasil dari penelitian ini adalah Petugas check in counter telah melaksanakan tugasnya dengan baik berdasarkan SOP seperti, hadir tepat waktu, memberikan pelayanan maksimal kepada penumpang seperti, memberikan informasi secara detail, waktu boarding, nomor penerbangan, rute, memastikan tujuan penumpang serta menangani bagasi penumpang dengan mengutamakan kepuasan penumpang serta bersikap profesional. Kendala yang dihadapi petugas check in counter yaitu system server check in down, antrian penumpang menumpuk, over baggage (bagasi berlebihan), keluhan penumpang dan bagasi stranded. Saran bagi perusahaan agar dapat mempertahankan kualitas pelayanan penumpang dan mencari solusi serta mengatasi kendala yang dihadapi petugas check in counter.

References

Annex 14 Aerodromes Volume 1. 2013. Aerodrom Design and Operations (Edisi VI). International Civil Aviation Organization (ICAO).

Damanik, Novia Rizqika BR. 2020. Analisis Pelayanan Check In Counter PT. Jasa Angkasa Semesta Dalam Meningkatkan On Time Performance (OTP) Penerbangan Malaysia Airline Di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta. Skripsi. Program Studi DIV Manajemen Transportasi Udara Yogyakarta. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung:Remaja Rosdakarya

Republik Indonesia Nomor: PM 30 Tahun 2021 tentang Standar Pelayanan Minimal Penumpang Angkutan Udara

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor: PM 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi. Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Sekretariat Negara Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan. Pemerintah Republik Indonesia. Jakarta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,

Downloads

Published

2023-01-13