Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada Apotek Annisa Farma Tanah Grogot

Authors

  • Ibnu Khayath Farisanu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tanah Grogot
  • Agus Budi Sadhono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tanah Grogot
  • Lili Indah Agustina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tanah Grogot

DOI:

https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i1.78

Keywords:

Kepuasan Pelanggan, Apotek

Abstract

Penelitian yang dilakukan terdiri dari Variabel Bebas yaitu Faktor Kepuasan Pelanggan (X) yang  meliputi 4 (empat) sub variabel yaitu Kualitas Produk (X1), Kualitas Pelayanan (X2), Harga (X3), Promosi (X4), dan Variabel Terikat yaitu Kepuasan Pelanggan (Y). Jumlah sampel yang diambil sebanyak 58 responden.

Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi linier berganda, kefesien korelasi berganda (R), koefesien determinasi (R2), uji F dan uji t. Hasil analisis regresi linier berganda didapatkan persamaan Y = 2,012 + 0,409 X1 + (- 0,072) X2 + 0,219 X3 + (- 0,019) X4. Hasil analisis koefesien korelasi berganda (R) menunjukkan hubungan antar variabel independen dan variabel dependen sebesar 0,652 adalah kuat, hal ini dapat menjelaskan bahwa variabel Faktor Kepuasan Pelanggan (X) mempunyai pengaruh yang kuat terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Y). Hasil koefesien determinasi (R2) sebesar 0,426 atau 42,6%, menunjukkan bahwa 42,6% variabel Kepuasan Pelanggan (Y) dipengaruhi oleh variabel Faktor Kepuasan Pelanggan (X) dan sisanya 57,4% dipengaruhi oleh sebab-sebab lain yang tidak terdapat dalam penelitian.

Hasil uji F (simultan) didapatkan nilai Fhitung sebesar 9,823 dengan nilai signifikasi sebesar 0,000,dengan nilai signifikasi tabel 0,05 dan Ftabel sebesar 2,758 hal ini pengujian hipotesa nilai Fhitung> Ftabel maka H0 ditolak Ha diterima. Hal ini berarti variabel bebas berpengaruh secara bersama-sama terhadap variabel terikatatau variabel Faktor Kepuasan Pelanggan (X) berpengaruh secara bersama-sama terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Y). Hasil uji t (uji parsial) menunjukkan sub variabel yang dominan adalah kualitas produk (X1) dengan nilai thitung sebesar 3,983 dengan nilai tingkat signifikasi 0,000 < 0,05 dan diketahui ttabel sebesar 2,006, hal ini berarti thitung> t tabel maka H0 ditolak Ha diterima.

References

Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV Alfabeta Bandung. 2011

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Cetakan Ke-empat belas. Rineka Cipta. Jakarta. 2010.

Amir, Fachruzi. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada PT. Hasjrat Abadi Di Makassar. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar. 2012.

Abdullah, Thamrin dan Tantri, Francis. Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta. 2012.

Dewi, Luh Putu Krisna. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Produk L’oreal Paris (Studi pada pelanggan L’oreal Paris di Matahari department store Java Supermall Semarang). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. 2010.

Irawan, Handi. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT. Alex Media Komputindo. Jakarta. 2009.

Kotler,Philip dan Keller, Kevin Lane. Manajemen Pemasaran. Edisi

Ketiga Belas . Jilid 1. PT. Gelora Aksara Pratama. 2009

Kotler,Philip. Manajemen Pemasaran Di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta. 2002

Priyatno,Duwi. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. MediaKom.

Yogyakarta. 2010

Peraturan Menteri Kesehatan No : 919/MENKES/PER/X/1993 Tentang Kriteria Obat Yang Dapat Diserahkan Tanpa Resep

Peraturan Menteri Kesehatan No : 924/MENKES/PER/10/1993 Tentang Obat Wajib Apotik No. 2

Peraturan Menteri Kesehatan No : 925/MENKES/PER/10/1993 Tentang Obat Wajib Apotik No. 1

Peraturan Menteri Kesehatan No : 1176/MENKES/PER/10/1993 Tentang Obat Wajib Apotik No. 3

Peraturan Menteri Kesehatan No : 284/MENKES/PER/III/2007 Tentang Apotek Rakyat

Peraturan Menteri Kesehatan No : HK.02.02/MENKES/068/I/2010 Tentang Kewajiban Menggunakan Obat Generik Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Pemerintah

Swastha, Basu. Azas Azas Marketing. Liberty Yogyakarta. 2002

Swastha, Basu dan Irawan. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty Offset.Yogyakarta. 2008

Supranto,J. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta. Jakarta. 2011

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta. Bandung. 2012

Sule, Erni Tisnawati dan Kurniawan Saefullah. Pengantar Manajemen. Cetakan Pertama. Kencana Prenada Media Group. Jakarta. 2005

Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan, dan Penelitian . CV. Andi Offset. Yogyakarta. 2014

Umar, Husein. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis.

PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta. 2013

Downloads

Published

2023-01-26