Keterlibatan Guru Agama Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Sumatif Siswa SD 25 Sungai Geringging

Authors

  • Abdul Farid UIN Imam Bonjol Padang
  • Remiswa Remiswa UIN Imam Bonjol Padang
  • Khadijah Khadijah UIN Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.452

Keywords:

pembelajaran, sumatif, evaluasi

Abstract

Tujuan penelitian ini, kami berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana guru PAI berketerlibatan dalam evaluasi sumatif di SD 25 Sungai Geingging dan bagaimana keterlibatan mereka membentuk karakter siswa dan pemahaman mereka tentang nilai-nilai agama. Semua ini berdampak pada perkembangan siswa secara menyeluruh dan mencerminkan pentingnya pendidikan agama dalam konteks pendidikan formal dan dampak positifnya pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualiatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah tipe deskriptif kualitatif. Pengujian data yang digunakan adalah triagulasi yakni penggabungan antara teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara akan membantu menggali pandangan dan perspektif guru PAI, terkait keterlibatan guru PAI dalam evaluasi pembelajaran sumatif. Dokumen seperti pedoman evaluasi, hasil ujian, dan laporan evaluasi juga akan dianalisis. Dalam konteks ini, studi kasus tunggal digunakan dengan SD 25 Sungai Geinggingsebagai subjek penelitian utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi sumatif di SD 25 Sungai Geinggingmencerminkan pencapaian siswa secara komprehensif, termasuk pemahaman agama dan nilai-nilai moral, dan guru PAI memiliki keterlibatan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah ini. Evaluasi ini berketerlibatan penting dalam mengukur pencapaian siswa dan efektivitas proses pembelajaran. Keterlibatan guru agama dalam evaluasi sumatif melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan analisis hasil ujian, memberikan umpan balik kepada siswa, dan membuat keputusan evaluasi.

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Abdul Farid, Remiswa Remiswa, & Khadijah Khadijah. (2024). Keterlibatan Guru Agama Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Sumatif Siswa SD 25 Sungai Geringging. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(3), 177–185. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.452

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.