Efektifitas Metode Pembelajaran Statistika Terhadap Pemahaman Mahasiswa Teknik Informatika Dalam Menerima Materi

Authors

  • Aprilia Fiajar Rina Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Angel Endrika Faiza Nurfadia Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Imam Galih Prayitno Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Jalu Sena Purwa Andhika Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Lugas Hermanto Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.462

Keywords:

Statistika, Teknik Informatika, Pembelajaran, Teknologi

Abstract

Statistika merupakan mata kuliah penting bagi mahasiswa Teknik Informatika, terutama dalam menyelesaikan tugas akhir. Namun, banyak mahasiswa yang menemui kesulitan dalam memahami materi statistika karena beberapa faktor, seperti kompleksitas materi, kurangnya minat, dan metode pembelajaran yang tidak efektif. Pemanfaatan teknologi dan metode pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran statistika. Teknologi dapat membantu komputasi statistik dan analisis data, sedangkan metode kooperatif dapat meningkatkan kolaborasi, kemampuan berpikir kritis, dan partisipasi aktif mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah model pembelajaran untuk mata kuliah statistika yang terintegrasi dengan teknologi dan metode kooperatif untuk meningkatkan belajar mahasiswa Teknik Informatika. Pembelajaran ini diharapkan dapat membantu mahasiswa memahami materi statistika dengan lebih mudah dan efektif, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan tugas akhir.

Published

2024-07-14

How to Cite

Aprilia Fiajar Rina, Angel Endrika Faiza Nurfadia, Imam Galih Prayitno, Jalu Sena Purwa Andhika, & Lugas Hermanto. (2024). Efektifitas Metode Pembelajaran Statistika Terhadap Pemahaman Mahasiswa Teknik Informatika Dalam Menerima Materi. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(3), 200–205. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.462