Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Media Truth Or Dare untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMP Negeri 48 Surabaya

Authors

  • Ana Laksana Wati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i4.491

Keywords:

Percaya Diri, Bimbingan Kelompok, Truth Or Dare

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan diri siswa kelas IX di SMP Negeri 48 tahun pelajaran 2024/2025 setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan media truth or Dare. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan bimbingan konseling dengan subyek penelitian kelas IX yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kepercayaan diri siswa tersebut dibuktikan dari hasil post-test siklus I rata ratanya sebesar 95,69 dengan kategori sedang. Pada siklus II rata-rata 106,33 dengan kategori tinggi. Adapun peningkatan skor kepercayaan diri rata- rata dari siklus I ke Siklus II sebesar 10,86. Melalui observasi pada saat kegiatan layanan, peningkatan kepercayaan diri dari siswa menunjukkan aktif mengeluarkan pendapat antusias melakukan kegiatan layanan, berani mengemukan pendapat, berani bertanya dan menjawab pertanyaan, lebih percaya diri dengan kemampuannya.

Published

2024-09-13

How to Cite

Ana Laksana Wati. (2024). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Media Truth Or Dare untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMP Negeri 48 Surabaya. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(4), 26–36. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i4.491

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.