Keefektifan E-Module Keanekaragaman Hayati berbasis Remap-TPS terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Authors

  • Lely Choirunnisa' Universitas Negeri Malang
  • Susriyati Mahanal Universsitas Negeri Malang
  • Fatchur Rohman Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i2.96

Keywords:

Keterampilan berpikir, kreatif, e-module

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan e-module keanekaragaman hayati berbasis Remap-TPS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang efektif. Jenis model pengembangan yang digunakan yakni model pengembangan Lee & Owens (2004), terdiri atas 5 tahap yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahapan implementasi menggunakan rancangan pre-experimental design. Data hasil penilaian keterampilan berpikir kreatif diambil dengan menggunakan instrument tes. Analisis data dihitung dengan menggunakan N-Gain score. Hasil didapatkan bahwa e-module Keanekaragaman Hayati berbasis Remap TPS efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dengan skor N- Gain sebesar 0,6 yang termasuk kategori keefektifan sedang.

References

Alias, N., & Siraj, S. (2012). Effectiveness of Isman Instructional Design Model in Developing Physics Module based on Learning Style and Appropriate Technology. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 64(4), 12–17. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.002

Eng, J. A. J. (2017). Panduan Pelaksanaan Abad Ke-21: Kehendak Pendidikan Abad Ke-21. Institut Aminuddin Baki Kementrian Pendidikan Malaysia.

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skill. CORWIN.

Gube, M., & Lajoie, S. (2020). Adaptive Expertise And Creative Thinking: A Synthetic Review And Implications For Practice. Thinking Skills and Creativity, 35(1), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100630

Irwandani, I., Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, M., & Widayanti, W. (2017). Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 221–231. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862

Karenina, A., Widoretno, S., & Prayitno, B. A. (2020). Effectiveness of problem solving-based module to improve analytical thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012093

Karyatin. (2016). Penerapan Modified Problem Based Learning (Pbl) Dengan Gallery Walk (Gw) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyusun Peta Pikiran Dan Hasil Belajar IPA. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 1(2), 42–51. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppipa

Kemendikbud. (2018). Peningkatan Proses Pembelajaran dan Penilaian Pembelajaran Abad 21 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Surakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian dan Kebudayaan.

Liu, A. T., Peng, H., Wu, W., Lin, M., Liu, T., Peng, H., Wu, W., & Lin, M. (2009). International Forum of Educational Technology & Society The Effects of Mobile Natural-science Learning Based on the 5E Learning Cycle : A Case Study Published by : International Forum of Educational Technology & Society Linked references are available on. 12(4), 344–358.

Mulyadi, D., Wahyuni, S., & Handayani, R. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, (2016), 4(4), 296 – 301.

Ngang, T. K., Nair, S., & Prachak, B. (2014). Developing Instruments to Measure Thinking Skills and Problem Solving Skills among Malaysian Primary School Pupils. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(1), 3760–3764. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.837

Piaw, C. Y. (2014). Effects of Gender and Thinking Style on Student’s Creative Thinking Ability. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(1), 5135–5139. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1087

Serin, O., Serin, N. B., & Saygili, G. (2009). The Effect Of Educational Technologies And Material Supported Science And Technology Teaching On The Problem Solving Skills Of 5 Th Grade Primary School Student. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1), 665–670. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.116

Sharp, C. (2004). Developing Young Children’s Creativity: What can We Learnfrom Research? Set:ResearchInformationforTeachers,32(1), 5–12.https://doi.org/10.18296/set.0633

Suarsana, I. M. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis MahasisWA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 2303–288. http://eXelearning.org

Tendrita, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading Concept Map- Think Pair Share (Remap-TPS) dan Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Keterampilan Berfikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas 10 SMA Kota Batu. Universitas Negeri Malang.

Yu, W. F., She, H. C., & Lee, Y. M. (2010). The Effects Of Web-Based/Non-Web-Based Problem-Solving Instruction And High/Low Achievement On Students’ Problem-Solving Ability And Biology Achievement. Innovations in Education and Teaching International, 47(2), 187–199. https://doi.org/10.1080/14703291003718927

Yusnaeni, Y., Susilo, H., Corebima, A., & Zubaidah, S. (2016). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Search Solve Create and Solve Di SMA. In Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan.… Prosiding Seminar Nasional Biologi.

Zabelina, D. L., & Silvia, P. J. (2020). Percolating Ideas: The Effects Of Caffeine On Creative Thinking And Problem Solving. Consciousness and Cognition, 79(1), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.concog.2020.102899

Zubaidah, S. (2018). MENGENAL 4C: Learning And Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 1 Education material View project Genetics mapping on local rice varieties View project. https://www.researchgate.net/publication/332469989

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Choirunnisa’, L., Susriyati Mahanal, & Fatchur Rohman. (2023). Keefektifan E-Module Keanekaragaman Hayati berbasis Remap-TPS terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik . Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 10–19. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i2.96