Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Penguatan Kecerdasan Emosional Siswa

Authors

  • Mohamad Ihsan Rahmatilah Universitas Siliwangi
  • Sri Tirto Madawistama Universitas Siliwangi
  • Dian Kurniawan Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.473

Keywords:

HOTS, Kecerdasan Emosional, Regresi Sederhana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap HOTS pada siswa SMP Pesantren Cintawana. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia, seperti yang ditunjukkan oleh laporan PISA 2022. Kecerdasan emosional, yang melibatkan kemampuan mengelola emosi dan berinteraksi dengan orang lain, dianggap sebagai salah satu faktor penting dalam mendukung HOTS. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan populasi seluruh siswa SMP Pesantren Cintawana dan sampel kelas 7A sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes HOTS dan angket kecerdasan emosional. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap HOTS dengan koefisien determinasi sebesar 25%. Temuan ini menegaskan pentingnya mengembangkan kecerdasan emosional untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Published

2024-07-28

How to Cite

Mohamad Ihsan Rahmatilah, Sri Tirto Madawistama, & Dian Kurniawan. (2024). Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Penguatan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(3), 232–241. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.473

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.