SOSIALISASI EFEK PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA USIA DINI DI SD IT INSAN QUR’ANI

Authors

  • Haedar Putra STIKES Griya Husada Sumbawa
  • Evi Gustia Kesuma STIKES Griya Husada Sumbawa
  • Nurul Istiqamah Mantika STIKES Griya Husada Sumbawa, Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.59031/jpbmi.v1i3.181

Keywords:

Gadget, Anak, Usia Dini

Abstract

kecil yang memiliki fungsi khusus (smartphone an laptop). Dalam perkembangan, gadget mengalami perluasan arti. sekarang gadget tidak hanya diartikan sebagai (bentuk fisik) eletronik, tetapi sudah berkembang artinya dalam (bentuk visual) software. Tetapi artinya masih sama, yaitu sebuah fitur untuk mempermudah kegiatan manusia. Gadget hanya berkomunikasi satu arah yakni merespon sehingga  terbatasnya kesempatan untuk belajar. Anak tidak dapat belajara secara alami tentang caa berkounikasi dan sosialisasi, anak juga tidak mampu mengenali berbagai emosi, missal simpati, sedih atau senang dan  akhirnya anak tidak dapat merespon hal yang ada di sekeliling, sehingga dapat menganggu perkembangan kemampuan untuk bergaul dan beradaptasi

References

Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERKSI SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN . Jurnal PAUD Teratai , 182-186 .

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 1-11.

Chusna, P. A. (2017). PENGARUH MEDIA GADGET PADA PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK. Dinamika Penelitian , 315-330.

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

Haedar Putra, Evi Gustia Kesuma, & Nurul Istiqamah Mantika. (2023). SOSIALISASI EFEK PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA USIA DINI DI SD IT INSAN QUR’ANI. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 1(3), 34–38. https://doi.org/10.59031/jpbmi.v1i3.181

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.