Pengembangan Umkm Melalui Sosialisasi Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan

Authors

  • Pupung Purnamasari Universitas Pelita Bangsa
  • Etty Zuliawati Universitas Pelita Bangsa
  • Sesri Sellina Universitas Pelita Bangsa
  • Fiqih Maria Rabiatul Hariroh Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59031/jpbmi.v2i1.302

Keywords:

Strategi Bisnis, Analisis SWOT, UMKM

Abstract

Strategi bisnis merupakan suatu hal yang penting dalam menjalankan suatu usaha atau usaha baik skala kecil maupun besar, termasuk UMKM, karena dengan memiliki strategi bisnis maka pengusaha atau pemilik dapat meningkatkan kemampuannya dalam bersaing dengan usaha yang dipimpinnya. Salah satu cara dalam menerapkan strategi bisnis adalah dengan menggunakan analisis SWOT, yang mana pemangku kepentingan UMKM perlu mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari bisnis yang dijalankannya. UMKM adalah usaha ekonomi produktif yang mandiri, biasanya dijalankan oleh perseorangan atau badan hukum yang bukan merupakan anak perusahaan atau afiliasi dari badan usaha yang secara langsung atau tidak langsung dimiliki, dikuasai, atau dimiliki sebagian. Pelaku ekonomi dalam kegiatan ini merupakan pelaku ekonomi dari desa Jayamukti yang tergabung dalam komunitas Milenial Bangkit Indonesia. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi strategi bisnis yang sesuai dan menerapkan strategi bisnis tersebut untuk meningkatkan penjualan UMKM. Permasalahan yang dihadapi oleh para pemangku kepentingan UMKM terkait dengan ketidakmampuan mereka dalam mengidentifikasi strategi bisnis yang baik dan tepat. Pemangku kepentingan UMKM mengaku kurang memiliki pengetahuan untuk menganalisis strategi bisnis yang baik dan tepat. Dengan demikian, melalui kegiatan sosialisasi strategi bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan UMKM, badan usaha dapat memberikan informasi, pengetahuan dan keterampilan untuk menentukan strategi bisnis yang tepat dan dapat diterapkan langsung pada kegiatan usaha Anda

Downloads

Published

2024-01-08

How to Cite

Pupung Purnamasari, Etty Zuliawati, Sesri Sellina, & Fiqih Maria Rabiatul Hariroh. (2024). Pengembangan Umkm Melalui Sosialisasi Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 2(1), 42–47. https://doi.org/10.59031/jpbmi.v2i1.302

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.