Pengembangan E-LKPD Bermuatan STEM Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Koloid

Authors

  • Reftina Aysha Kiswanto Universitas Negeri Semarang
  • Prof. Dr. Sri Wardani, M. Si Universitas Negeri Semarang
  • Prof. Dr. Sudarmin, M. Si Universitas Negeri Semarang
  • Dra. Sri Nurhayati, M. Pd Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i1.305

Keywords:

E-LKPD, Etnosains, Kemampuan Berpikir kritis, STEM

Abstract

Penelitian pengembangan ini telah dilakukan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi koloid dengan menggunakan bahan ajar berupa E-LKPD bermuatan STEM terintegrasi etnosains. Penelitian ini dilakukan karena metode pembelajaran yang dilakukan di kelas masih sangat konvensional menggunakan bahan ajar berupa buku pegangan siswa dengan metode pembelajaran yang diulang-ulang, juga penilaian hanya pada aspek pengetahuan dan sikap. Tantangan ekonomi global abad 21 membutuhkan sumber daya manusia dengan keterampilan yang menunjang fleksibilitas, adaptasi dan kemampuan dalam bekerja. Penelitian ini menggunakan metode pelajaran yaitu STEM dan dikaitkan dengan kegiatan sehari-hari bermuatan budaya lokal atau etnosains. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu R&D dengan model 4D. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, soal pretest dan posttest, serta dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini siswa mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis yang signifikan, yang dilihat dari peningkatan nilai pretest ke posttest. Perhitungan peningkatan tersebut menggunakan skor N-gain dan perhitungan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa per indikatornya. Rata-rata nilai pretest pada penelitian ini sebesar 50,30 sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 89,69. Berdasarkan penelitian penggunaan bahan ajar berupa E-LKPD bermuatan STEM terintegrasi etnosains dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam materi koloid.

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

Reftina Aysha Kiswanto, Prof. Dr. Sri Wardani, M. Si, Prof. Dr. Sudarmin, M. Si, & Dra. Sri Nurhayati, M. Pd. (2024). Pengembangan E-LKPD Bermuatan STEM Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Koloid. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 10–23. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i1.305

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.