Upaya Meningkatkan Minat Baca Menggunakan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas IV SD 101764 Bandar Klippa

Authors

  • Pretty Septriani Tambunan Universitas Negeri Medan
  • Maysyarah Maysyarah Universitas Negeri Medan
  • Abdullah Munawir Nasution Universitas Negeri Medan
  • Syahrial Syahrial Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.425

Keywords:

Minat Baca, Metode, Diskusi, Penelitian Tindakan Kelas, siswa SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa kelas IV di SD 101764 Bandar Klippa melalui penerapan metode diskusi kelompok. Minat baca yang rendah dapat berdampak pada prestasi akademik dan kemampuan literasi siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkannya sejak dini. Metode diskusi dipilih karena dapat menciptakan suasana belajar yang aktif, interaktif, dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas IV SDN 101764 Bandar Klippa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat baca siswa setelah diterapkannya metode diskusi. Pada siklus I, persentase siswa yang berminat membaca adalah 64%, kemudian meningkat menjadi 88% pada siklus II. Kesimpulannya, penerapan metode diskusi dalam pembelajaran terbukti efektif untuk meningkatkan minat baca siswa kelas IV.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Pretty Septriani Tambunan, Maysyarah Maysyarah, Abdullah Munawir Nasution, & Syahrial Syahrial. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Baca Menggunakan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas IV SD 101764 Bandar Klippa. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(3), 60–66. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.425

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.