jurnal pendidikan sejarah Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Di SMA Negeri 3 Dompu.

Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Di SMA Negeri 3 Dompu.

Authors

  • nurjannah nurjannah A. malik STKIP Yapis Dompu
  • Husnul Khatimah STKIP Yapis
  • Nunung Andryani STKIP Yapis

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i1.41

Keywords:

Contextual Teaching And Learning (CTL), Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah).

Abstract

Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) adalah suatu sistem pembelajaran yang cocok dengan otak yang menghasilkan makna dengan menghubungkan muatan akademis dengan konteks dari kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan penelitin ini adalah Ingin mengetahui Pengaruh model contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Dompu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang banyak dituntut menggunakan angka mulai dari pengumpulan data, penafsiran dan data, serta penampilan dari hasilnya. Populasi ialah seluruh peserta didik yang berjumlah 79 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X IPS yang berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sample. Data diperoleh melalui angket siswa dan data hasil belajar  kemudian dianalisis menggunakan rumus regresi linear sederhana. Berdasarkan data tersebut didapatkan hasil model persamaan regresi linier sederhananya adalah : ???? = 57,501 + 0,258 ???? yang dapat dijelaskan bahwa, hubungan variable bebas X (penggunaan model CTL )  dengan variabel terikat Y (hasil belajar)  adalah sangat kuat. Jadi, hasil belajar sangat dipengaruhi oleh penggunaan model contextual teaching and learning (CTL)

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

nurjannah A. malik, nurjannah, Husnul Khatimah, & Nunung Andryani. (2023). jurnal pendidikan sejarah Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Di SMA Negeri 3 Dompu.: Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Di SMA Negeri 3 Dompu. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 124–131. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i1.41

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.