Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 1 Bolo

Authors

  • nurjannah nurjannah A. malik STKIP Yapis Dompu
  • Husnul Khatimah STKIP Yapis Dompu
  • Rizaludin STKIP Yapis Dompu

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i2.97

Keywords:

Media Pembelajaran, Scrapbook, Berpikir kreatif

Abstract

Scrapbook adalah kumpulan memorabilia, narasi, puisi, quote, cerita, kliping, catatan, foto, tiket, bon pembayaran dan lain-lain, yang disusun dan dirangkai dalam sebuah album atau hand-made book. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran srapbook yang layak untuk melatih kemampuan berpikir krearif siswa dalam menyusun dan medeskripsikan gambar tokoh pahlawan dalam perang melawan kolonialisme dan imperialisme siswa kelas XI-A SMA Negeri 1 Bolo. Menggunakan metode penelitian pengembangan yang mengacu pada model four D (4-D). Teknik pengumpulan data yang terdiri dari angket, wawancara, observasi, tes, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan analisis kevalidan dan kepraktisan media dan analisis keefektifan media. Hasil analisis kevalidan media dengan rata-rata 4,23 dan persentase 84% dengan kategori “Sangat Layak”. Pada analisis kepraktisan media dengan rata-rata skor 4,54 dengan persentase 91% (Sangat Layak), dan hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran dan pengamatan aktivitas siswa dengan persentase 86 %. Analisis keefektifan media scrapbook (1) tes hasil belajar siswa dengan nilai KKM 80%. Jadi dapat memenuhi kriteria ketuntasan klasikal minimum (KKM) yang sudah ditentukan pihak penyelenggara Pendidikan, yakni 70%. (2) tes mendeskripsikan gambar tokoh pahlawan. Diketahui bahwa  terdapat 3 siswa dengan kriteria penilaian “Tidak Baik” dan 17 orang siswa yang mendapatkan kriteria penilaian “Baik”.

References

D. Yulia and M. Arifin, “Pengaruh Penggunaan Media Film Animasidalam Pembelajaran Ips Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viiidi Smp Kartini 1 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014,” Hist. J. Progr. Stud. Pendidik. Sej., vol. 1, no. 1, pp. 31–45, 2016, doi: 10.33373/his.v1i1.400.

I. Veronica, R. Whyu Pusari, and M. Y. Setiawardana, “Pengembangan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Ipa,” J. Imiah Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 2, no. 3, p. 258, 2018, doi: 10.23887/jipp.v2i3.16222.

T. K. Dewi and R. Yuliana, “Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar,” Refleks. Edukatika J. Ilm. Kependidikan, vol. 9, no. 1, 2018, doi: 10.24176/re.v9i1.2804.

L. dan E. I. Nurlaela, Strategi Belajar Berpikir Kreatif. 2015.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ar-Ruzz Media.

Hariyono. Mempelajari Sejarah Secara Efektif. 1995. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya

Budiarti. 2017. Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Sub Tema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

nurjannah A. malik, nurjannah, Husnul Khatimah, & Rizaludin. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 1 Bolo. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i2.97

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.