Upaya Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Labirin

Authors

  • Ulfa Dwi Anti Universitas Negeri Medan
  • Juwita Makaria Tambunan Universitas Negeri Medan
  • Amelia Tri Ashari Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.436

Keywords:

Perkembangan Anak Usia Dini, Permainan Labirin, Kemampuan Memecahkan Masalah, Konsentrasi, Kreatifitas

Abstract

Masa usia dini merupakan periode krusial bagi perkembangan anak. Berbagai stimulasi dan aktivitas edukatif perlu diberikan untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif, motorik, bahasa, sosial, dan emosional mereka. Salah satu aktivitas yang menjanjikan adalah bermain labirin. Tujuan penelitian ini yakni untuk menyelidiki inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan perkembangan anak usia dini melalui permainan labirin. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi dengan menggunakan pendekatan studi kasus serta metode kualitatif. Temuan penelitian ini menunjukkan keefektifan permainan labirin dalam meningkatkan sejumlah aspek perkembangan anak usia dini, seperti kemampuan memecahkan masalah, konsentrasi, kreatifitas, kerjasama, dan komunikasi.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Ulfa Dwi Anti, Juwita Makaria Tambunan, & Amelia Tri Ashari. (2024). Upaya Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Labirin. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(3), 111–116. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.436

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.