PENERAPAN METODE FIELD TRIP DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMK KREATIF

Authors

  • Leni Marlina STKIP Yapis Dompu
  • Hasan STKIP Yapis Dompu
  • Heni Purwani STKIP Yapis Dompu

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i2.192

Keywords:

Metode Field Trip, Menulis Puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan metode field trip dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Kreatif Pembelajaran 2022/2023 mulai dari perencanaan. Metode field trip digunakan sebagai pendekatan pembelajaran yang melibatkan kegiatan di luar ruangan, dengan tujuan memperkaya pengalaman siswa dan merangsang kreativitas mereka dalam menulis puisi. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara dengan para guru, dan penilaian terhadap puisi yang ditulis oleh siswa. Data dianalisis secara kualitatif untuk mengidentifikasi perubahan dalam kemampuan menulis puisi siswa sebelum dan sesudah penerapan metode field trip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode field trip dalam pembelajaran menulis puisi mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam merangkai kata-kata, memahami gaya sastra, serta mengekspresikan perasaan dan ide dalam puisi mereka. Selain itu, metode ini juga mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran, meningkatkan minat mereka terhadap puisi, dan memperluas wawasan mereka melalui pengalaman langsung di luar kelas.

References

Abimanyu, Soli, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depatemen Pendidikan Nasioanl (Online). (https://karyatulisku.com/metode-pembelajaran-field-trip/#, diakses 15 februari 2021).

Afifuddin dan Saebani, B. A. 2012. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Asiah, Nur. 2018. Penerapan Teknik Porpe Dalam Pembelajaran Membaca Kritis Teks Hikayat Siswa MA Negeri 1 Dompu tahun Pembelajran 2018/2019. Skripsi. Dompu: Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Asyukron, B.M. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Model Pembelajaran ARC Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VIIE Mts Mathalibul Huda Mlonggo Kabupaten Jepara. Skripsi. Semarang: Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Damariswara, R. 2018. Konsep Dasar kesustaraan (Online).

(https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/16/120000569/puisi-arti-dan-jenisnya?page=all, diakses 15 februari 2021).

Keraf, Gorys. 2004. Komposisi: Sebuah Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Nusa Indah.

Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodolgi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Merka, Gusmi. 2019. Keefektifan Metode Field Trip Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Jeneponto. Skripsi. Makassar: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Mujiyanto, Yant. 2007. Pemanfaatan Gaya Bahasa Dalam “Sesobek Buku Harian Indonesia” Antologi Puisi Emha Ainun Najib (Studi Stilistika). Tesis. Surakarta: Program pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Narbuka, Cholid dan Abu Ahmadi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Nusi, Kurniati. 2016. Penerapan Metode Field Trip Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas V SD Inpres 2 Tanamodindi Palu. Palu: Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Pscasarjana Universitas Tadulako.

Permatasari, D, dan Wikanegsih. 2018. Pengaruh Metode Karyawisata (Field Trip) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Karawang Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Vol 1/Nomor 5.

Pradita, Intan Kurnia. 2014. Kemampuan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Pembelajaran Di Luar Kelas Siswa Kelas V SD Negeri Karangwuni Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahayu, Sri. 2016. Komparasi Metode Field Trip Dengan Metode Clusstering Dalam Pembelajaran Teks Cerita Petualangan. Makassar: Ahli Bahasa dan Sastra Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ratnasari, Fitri Dian. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Metode Think-Talk-Write Melalui Media Audio Visual Keindahan Alam Pada Siswa Kelas VII C SMP Pancasila Kabupaten Pati. Skripsi. Semarang: Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Sari, Novita Artika. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas 8 D Smp Negeri 3 Jatisrono Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Semi, M. Atar. 2007. Dasar- Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Susanti, Meti. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Ips Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 56 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Syarifudin, T. dkk. 2006. Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Press.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Menulis Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thaba, A. 2018. Metode pembelajaran Field Trip. Wahana Ekspresi LSP3 Matutu (Online), (https://thabaart.blogspot.com/2017/11/metode-pembelajaran-field-trip.html?m=1 diakse 29 Januari 2021).

Utomo, Tri Setia. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas VII MTS MA’ARUF NU 02 BRUNO Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Wahyuni, Tri. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Kartu Kata Bagi Siswa Smp Negeri 1 Jumo Temanggung. Jawa Tengah: Jurnal Kreatif.

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Leni Marlina, Hasan, & Heni Purwani. (2023). PENERAPAN METODE FIELD TRIP DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMK KREATIF. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 115–128. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i2.192

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.