Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Membaca Dalam Bentuk Pojok Baca Siswa di Sekolah Dasar Kelas IV UPT SDN 12 Arungkeke Kabupaten Jeneponto

Authors

  • Nanda Putri Sagita Universitas Muhammadiyah Makassar
  • H. Yuddin Passiri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Akbar Avicenna Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i1.329

Keywords:

Influence, School Literacy Movement, Interest in Reading

Abstract

The formulation of the problem in this research is what is the influence of the school literacy movement in the form of a reading corner on students’ reading interest in grade IV elemetary school UPT SDN 12 Arungkeke Kabupaten Jeneponto? The aim of this research is to identify the influence of the school literacy movement in the form of a reading corner on students’ interest in reading in grade Ivelementary schools at UPT SDN 12 Arungekeke Jeneponto. Regency the type of research method used is quantitative research. The data collection process uses questionnaires,interview and documentation. The results of this research illustrate that the reading corner value data and reading interest show a positive influence from the reading corner variable. So that there is an increase in the value of reading corners which ha a positive effect on increasing students’ interest in reading. With the existence of the school literacy moment programs, efforts to improve the service and quality of reading corners in classes organized by schools will certainly influence students’ interest in reading.

References

Abidin, Yunus. Dkk. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta. Bumi Aksara.

Amaliyah, N.,Fatimah, W., Abustang, P.B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPS. Satya Widya, 35(2), 126-139.

Anisafitri. (2018). Pengaruh Penerapan Pojok Baca Di Sekolah Dasar Terhadap Minat Baca Siswa (Skripsi). Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta. (Diakses pada tanggal 2 Juii 2023).

Anjani, Sri.(2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. E-Jurnal Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Volume 3 No 2. (Diakses pada tanggal 3 Juli 2023).

Astuti, D. P.(2013). Minat baca penentu kualitas bangsa. Artikel Ilmiah Tidak Diterbitkan. Tersedia dan ada pada Penulis.

Astuti, W.S. (2019, October). Penerapan Metode Integratif untuk Meningkatkan Keterampilam Membaca Pemahaman pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar sNasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 657- 661).

Carsel, S.(2018).Metodologi Penelitian Kesehatan dan Pendidikan. Penebar Media Pustaka.

Dantes, Nyoman. (2017). Pedagogik Dalam Perspektif. Singaraja; Undiksha Press. Faradina, Nindya. 2017. Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najahjatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya Volume 6 No 8.

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hendrayani, A. (2018). Peningkatan Minat Baca dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235-248.

Iskandar. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi. Jusmawati, (2019). Pengaruh Minat Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SD Inpres Perumnas Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar. Selecta Education Jurnal, 1 (1).

Jusmawati, dan Eka Fitriana HS. “Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Panaikang 1 Kota Makassar”. Socioedu Journal (Pendidikan, Sosial, Humaniora) 3.1 (2019). (Diakses pada tanggal 4 juli 2023).

Kalida dan Mursyid. (2015). Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Kemendikbud, D. D. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Panduan Pemanfaatan dan Pengembangan Sudut Baca dan Area Baca di Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Maharani, T., Ahmad, S., & Siregar, N. (2020). Upaya Guru dalam Pemanfaatan Pojok Baca untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren Muaro Jambi .

Meliyawati.(2016). Pemahaman Dasar Membaca. Jakarta: Deepublish.

Mulyono, Akbar Ridmasuda. (2012). Minat Mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Angkatan Tahun 2010 Terhadap Olahraga Futsal. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Nursalina, A. I., & Budiningsih, T. E. (2014). Hubungan motivasi berprestasi dengan minat membaca pada anak. Educational Psychology Journal, 3(1). (Diakses pada tanggal 6 Juli 2023).

Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-376.

Raudhah. (2018). Peningkatan Minat Membaca dengan zMedia Pojok Baca Siswa Kelas II MIN 11 Banda Aceh (Skripsi). Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (Diakses Pada Tanggal 6 juli 2023).

Ridwan. (2015). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rofi‟uddin, M. A., & Hermintoyo, H. (2017). Pengaruh Pojok Baca Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa di SMP Negeri 3 Pati. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 281-290.

Saliwa, Rut. (2020). Pengaruh Pojok Baca Terhadap Minat Membaca Siswa SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar (Skripsi). Makassar: Universitas Megarezky.

Santoso, R., Pitoewas, B., & Nurmalisa, Y. (2018). Pengaruh program literasi sekolah terhadap minat baca peserta didik SMAN 2 Gadingrejo. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(9). (Diakses pada tanggal 7 juli 2023).

Downloads

Published

2024-01-20

How to Cite

Nanda Putri Sagita, H. Yuddin Passiri, & Akbar Avicenna. (2024). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Membaca Dalam Bentuk Pojok Baca Siswa di Sekolah Dasar Kelas IV UPT SDN 12 Arungkeke Kabupaten Jeneponto. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 68–81. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i1.329

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.