DAMPAK FULL DAY SCHOOL TERHADAP KONSETRASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 4 PARIAMAN

Authors

  • Rahmi Anggun Pratiwi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Alfi Rahmi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i1.66

Keywords:

Full day school, konsetrasi, belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak full day school terhadap konsetrasi belajar siswa di SMA Negeri 4 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dimana peneliti menggunakan metode observasi dan wawancara. Dilihat siswa tidak efektif dalam menyusaikann dirinya sendiri pada jam tambahan selama full day. Salah satunya kekurangan sekolah sepanjang hari ini siswa banyak kelelahan. Sekolah yang melaksanakan program full day school berdampak pada siswa yaitu kelelahan secara fisik, kelelahan mental, dan kelelahan emosional. Siswa juga merasa jenuh dan bosan, jenuh dalam belajar dan timbul rasa bosan dan lelah mengakibatkan kurangnya konsetrasi belajar siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Siswa yang biasanya sekolah pulang siang sekarang pulang sore, di tambah lagi tugas atau pr yang diberikan guru mata pelajaran yang terlalu berlebihan hal ini berdampak tidak mampu siswa berkonsetrasi dan mudah lupa. Awal berlangsungnya program full day scool di sekolah banyak siswa yang mengeluh, lelah, beberapa minggu dilaksanakan full day school banyak sekali siswa yang tidak hadir dengan alasan sakit dan ada juga yang absen tanpa keterangan, setiap kelas pasti ada yang tidak hadir setiap harinya diatas lima orang. Jadi kesimpulan bawah full day school berdampak pada konsetrasi belajar siswa di SMA Negeri 4 Pariaman.

References

Barseli, M., & Ifdil, I. 2017. Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143. Http://Doi.Org/10..29210/119800.

Moleong, Lexi J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nor Hasan. 2006. Full Day School (Model Alternatf Pembelajaran Bahasa Asing). (Jurnal Pendidikan Tadris, Vol 1, No 1).

Rahmi, A., & Yusri, F. (2017). Konsep Diri Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling IAIN Bukittinggi. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(2), 88-100.

Rizky, A. A. 2015. Problematika Pembelajaran System Full Day Scholl Siswa. UIN Walisongo.

Susanto, Hendi. 2006. Meningkatkan Konsetrasi Siswa Melalui Optimalisasi Modalitas Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Penabur. Vol 6. No. 46.

Wahyuni, E. D. 2018. Faktor-Faktor Penyebab Tingkat Kejenuhan Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Jurusan PGSD Di Universitas Islam Balitar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelaran

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Rahmi Anggun Pratiwi, & Alfi Rahmi. (2023). DAMPAK FULL DAY SCHOOL TERHADAP KONSETRASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 4 PARIAMAN. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 105–112. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i1.66

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.