Implementasi Model Kolaboratif Dalam Mengelola Konflik Antar Siswa Di MTs Negeri 1 Jember

Authors

  • Farhatus Holisoh Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Nur Azizah Maulidyah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i4.273

Keywords:

model kolaboratif, pengelolaan konflik, antar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan ­­­menganalisis penerapan model kolaboratif dalam pengelolaan konflik antar siswa di MTs Negeri 1 Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif yang berfokus pada pengamatan secara mendalam. Informan dalam penelitian ini adalah Koordinator Bimbingan Konseling selaku pihak kedua setelah wali kelas dalam hal penanganan konflik yang terjadi antar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan konflik antar siswa di MTs Negeri 1 Jember dengan menggunakan metode kolaborasi telah berjalan dengan baik tanpa menimbulkan dampak negatif satupun. Hal ini dikarenakan adanya pelibatan partisipasi semua pihak dalam penanganan konflik seperti guru, koordinator BK, tatib, kesiswaan, humas, kepala sekolah, hingga orang tua. Cara ini dilakukan supaya memunculkan berbagai pendapat terkait solusi terbaik dalam mengelola konflik yang muncul di sekolah, sehingga mempercepat penyelesaian konflik yang ada. Dari adanya keterlibatan semua pihak, maka tanggung jawab untuk dapat mencari solusi dalam penyelesaian konflik antar siswa tidak hanya ada pada satu pihak saja, melainkan menjadi tanggung jawab bersama sehingga terjalin hubungan yang kuat antara satu sama lain. Hal ini dikarenakan dalam proses pemecahan masalah, terjadi budaya diskusi dan toleransi untuk mencapai tujuan bersama yakni mampu menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan pribadi dan akademik siswa di dalamnya dengan adanya pengelolaan manajemen konflik yang tepat. Adapun hambatan yang bisa muncul dalam pengelolaan konflik antar siswa yaitu ketidakbijakan atau adanya keraguan dari kepala sekolah dalam memutuskan sesuatu, sehingga hal tersebut dapat menimbulkan konflik baru dan harus mencari solusi lain lagi pada akhirnya.

References

Anwar, K. (2018). Urgensi Penerapan Manajemen Konflik dalam Organisasi Pendidikan. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 37.

Bashori, & Prasetyo, M. A. M. (2020). Resolusi Manajemen Konflik ( Kajian Manajemen Konflik di Lembaga Pendidikan Islam ). Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 4(2), 338.

Diwyarthi, N. D. M. S., Ningsih, D. R., Hadawiah, Larassati, P. A. A., Pratama, I. W. A., Sendra, E., & Supriyadi, A. (2022). Psikologi Komunikasi (M. Sari (ed.); 1st ed.). PT. Global Eksekutif Teknologi.

Feronika, J. L., & Sitohang, H. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pendidikan Karakter, Pendidikan Keluarga, Budaya Sekolah, dan Kepemimpinan Guru (Studi Kualitatif Pengelolaan Konflik Antar Siswa di SD ST. Caroline). Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 284.

Iswahyudi, S., Zulkarnain, I., Susilatun, H. R., Robial, F. E. D., Rumengan, H., Wangania, Diana. Ch, I., Hastuti, M., Sugiharti, Purnomo, K. D. M., & Sondakh, A. E. . (2023). Pengantar Manajemen Konflik (I. P. Kusuma (ed.); 1st ed.). Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Kholifah, Y. B. (2019). Manajemen Konflik Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Piwulang, 2(1), 15.

Nabila, A., Rosidah, N., Salama, L., Jannani, F., & Mu’alimin. (2024). Pendidikan dan Model Pengelolaan Konflik. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi, 2(1), 224.

Nuraini, B. (2023). Transformasi Sukses: Manajemen SDM Terpadu Menuju Keunggulan Sekolah. PT. Asadel Liamsindo Teknologi.

Rahmadia, N. A., Sabila, H., Nasution, H. J., Azanni, M., Tri, A., & Dina, R. (2022). Urgensi Manajemen Konflik dalam Meningkatkan Kualitas Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 98.

Samsudin, & Setyowati, N. (2022). Manajemen Konflik Lembaga Pendidikan Dasar Islam. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 555-558. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1601

Setiawan, F. (2018). Mengelola Konflik di Lembaga Pendidikan Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 419-421. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i1.3801

Suncaka, E. (2023). Manajemen Konflik Sekolah. Journal on Education, 5(4), 15144.

Tobroni. (2023). Pendidikan Agama Multikultural (1st ed.). Universitas Muhammadiyah Malang.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Holisoh, F., & Nur Azizah Maulidyah. (2023). Implementasi Model Kolaboratif Dalam Mengelola Konflik Antar Siswa Di MTs Negeri 1 Jember. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(4), 129–138. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i4.273

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.