Efektivitas Learning Management System (LMS) Fakultas Sains dan Teknologi ITS PKU Muhammadiyah Surakarta

Authors

  • Siti Shofiyatun ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Septi Aprilia ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Nurul Kholisatul Ulya ITS PKU Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i1.380

Keywords:

efektivitas, LMS, pembelajaran, teknologi

Abstract

LMS muncul sebagai respons terhadap perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan untuk menyederhanakan dan meningkatkan pengelolaan pendidikan. Pada saat terjadi pandemi covid-19 mau tidak mau sistem pembelajaran yang konvensional harus berganti ke sistem e-learning. Hal ini yang menjadikan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta mulai merancang sistem pembelajaran berbasis online atau dikenal dengan LMS. Hanya saja sejak kemunculannya belum ada peninjauan terkait dengan efektivitas LMS ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, khususnya fakultas sains (FST) dan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas LMS FST ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada deskriptif kualitatif dengan populasi semua mahasiswa FST sebanyak 140 dan sampel penelitian 50 % dari jumlah jumlah populasi. Teknik pengumpulan data dengan membagikan kuisioner ke seluruh mahasiswa FST. Dari kuisioner yang dibagikan dapat disimpulkan bahwa LMS FST ITS PKU Muhammadiyah Surakarta belum sepenuhnya efektif. Diantara 4 aspek, hanya aspek kemudahan dan fleksibelitas yang memiliki prosentase yang tinggi 54,2% dan 50%. Terkait dengan fitur, kejelasan petujuk dan peningkatan kualitas pembelajaran hasilnya belum signifikan, kurang dari 50%. Hal ini akan berdampak pada hasil belajar mahasiswa kurang maksimal.

 

 

References

Adisel. (2002). Learning Management System. Journal of Administration and Education Management. 5(2). 274.Assign the DOI 10.31539/aligmnet.v5i2.4878

Astuti.C.C, Sari.H.M.K &Azizah,N.L. (2019). Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Metode E-Learning dan Konvensional. Proceeding of the ICECRS. 2(1). 35-50. http://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.23.95

Bibi, S & Jati, H. (2015). Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Kuliah Alogaritma dan Pemprograman. The Effects of Blended Learning Model On Tha Students’s Motivation and Understanding. 5(2). 74-87

Kenny, Jingga. (2021). Evaluasi Penggunaan Learning Managemant System Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi. 7(3). 604. http://dx.doi.org/10.28932/jutisi. V7i3.3977

Keshta. A.S & Harb.I.I. (2013). The Effectiveness of a Blended Learning Program On Developing Palestinian Tenth Graders TM English Writing Skill. 2(6). 208-221. http://Doi.Org/10.11648/J.Edu.20130206.12

Liaw, S.S. (2008). Investigating Students Perceived satisfaction, behavioral intention and effectiveness of e-learning. A case study of blackboard system. Computers&Education.51(2).864-873.

Luthfi Rohmawati. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Daring Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Sinau. 8(1). 34.

Miles, B. M & Huberman, M (1992) Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode Metode Baru. UIP

Muhson.A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 8(2).

Peter F. Drucker. (1954). The Practice of Management. HarperCollins

Salter, S. M., Karia, A., Sanfilippo, F. M., & Clifford, R. M. (2014). Effectiveness of E-learning in Pharmacy Education. American Journal of Pharmaceutical Education, 78(4). https://doi.org/10.5688/ajpe78483

Singgih Subiyantoro, Ismail. (2017). Dampak Learning Management System (LMS) Pada Performa Akademik Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 2 (4). 310-311

Sriwindono, H., & Tumiwa, F. (2016). Analisa Kesuksesan Learning Management System ( Studi Kasus : Usd Yogyakarta ). 11(2). 77–82.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

W. R. Watson dan S. L. Watson, (2007). An Argument for Clarity: What are Learning Management Systems, What are They Not, and What Should They Become? TechTrends, 51(2). 28-34.

Yusuf. B.B. (2017). Konsep dan Pembelajan Efektif. Kajian Pembelaran dan Keilmuan. 1(2). 13-20.

Wasis D. Dwiyogo. (2014). Analisi Kebutuhan Pengembangan Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning (Pbbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 21(1), 71–78.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Siti Shofiyatun, Septi Aprilia, & Nurul Kholisatul Ulya. (2024). Efektivitas Learning Management System (LMS) Fakultas Sains dan Teknologi ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 169–177. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i1.380

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.