Menggali Potensi Dalam Proses Pembelajaran Strategi Afektif untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dan Kualitas Pembelajaran

Authors

  • Gusmaneli Gusmaneli Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Anggi Ladiva Junaidi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Nada Ranjani Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.406

Keywords:

Affective Strategies, Learning, Student Engagement, Learning Quality, Learning Motivation, Teacher-Student Relationship

Abstract

This research discusses the potential in the learning process of affective strategies as an effort to improve student engagement and learning quality. The affective strategy approach emphasizes the development of students' social and emotional skills, as well as strengthening positive relationships between teachers and students. The research method involves analyzing the literature to understand the concept of affective strategies in the context of learning. Findings show that the implementation of affective strategies can result in improvements in learning motivation, social interaction, and academic achievement. However, challenges related to the integration of affective strategies in the curriculum and classroom management were also identified. Implications of this study include the importance of teacher training in the implementation of affective strategies, as well as the active role of students in utilizing the learning potential presented by this approach.

References

Al Masjid, Akbar .2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Afektif Dalam Pembelajaran Unggah -Ungguh Bahasa Jawa di Sekolah Dasar, Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an ,Vol. 2, Nomor 2

Alifah, Fitriani Nur .2019.Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif , Tadrib : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. V, No. 1

Asep ,Sisca Septiani dkk .2023.Strategi Pembelajaran, Banten : PT Sada Kurnia Pustaka

Asiah, N. 2022. Pengaruh Strategi Pembelajaran Afektif Terhadap Kreativitas Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, 3(1)

Bisri, Khasan. 2021. Pengembangan Afektif dalam Pembelajaran PAI: Seri Antologi Pendidikan Islam. NusaMedia

Hasanah, Nurhandayani, Darwisa, Indah Aminatuz Zuhriyah. 2023. Analisis strategi Guru Dalam Mengembangkan Ranah Afektif Peserta Didik Di Sekolah Dasar, AoEJ: Academy Of Education Journal Vol.14 Nomor 2

Hasugian, Sarma Sinvia. 2020.Pengaruh Strategi Pembelajaran Afektif Terhadap Moral Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 4 Laguboti Kabupaten Toba, JURNAL AREOPAGUS Vol.18, No.2

Kadir, Fatimah .2015.Strategi Pembelajaran Afektif Untuk Investasi Pendidikan Masa Depan, Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2

Kusuma ,Jaka Wijaya, Arifin,dkk .2023. Strategi pembelajaran. Batam : Yayasan Cendikia Mulia Mandiri

Lisdiana, Anita .2023. Buku Ajar: Strategi Pembelajaran Ips, Lampung: CV. Laduny Alifatama

Mudlofir, ali. 2017. Desain pembelajaran inovatif dsri teori ke praktek. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Nababan, Damayanti, Desi Andriani Sitompul, and Rahelya Simorangkir .2023.Pengaruh Strategi Pembelajaran Afektif Terhadap Karakter siswa, Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial dan HumanioraVolume 2 Nomor 2 ( 2023)662Pediaqu Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 2.2

Papatungan ,Evandri .2022.Frezy Paputungan, Pendekatan dan Fungsi Afektif Dalam Proses Pembelajaran, Journal of Education and Culture (JEaC) Vol. 3 Nomor 1

Ritonga, Supardi, Agus Supriadi, and Muhammad Syahid.2023. Implementasi Strategi Pembelajaran Afektif Dalam Pembelajaran PAI." ARIMA: Jurnal Sosial Dan Humaniora 1.2

Saftari,Maya ,Nurul Fajriah. 2019.Penilaian Ranah Afektif Dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap Untuk menilai Hasil belajar ,Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan ,Volume 7 Nomor 1

Salam, rizaldi .2022.Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Cerdas di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Yogyakarta: PT. Nas Media Indonesia.

Suyitno, Imam .2017.Peranan strategi pembelajaran afektif (SPA) Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Mahasiswa , Jurnal Supremasi Volume XII Nomor 2

Ulfah , Opan Arifudin. 2021 . Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. JAA :Jurnal Al- Amar Vol.2, No.1

Wulandari, Lintang Ayu,A.R Koesdyanto .2018.Upaya meningkatkan ranah afektif peserta didik dalam pembelajaran pendidikan karakter , Jurnal Sinektik Volume 1 nomor 2

Zainiyati, Husniyatus Salamah. 2010. Model Dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori Dan Praktek Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Surabaya: CV. Putra Media Nusantara

Published

2024-05-06

How to Cite

Gusmaneli Gusmaneli, Anggi Ladiva Junaidi, & Nada Ranjani. (2024). Menggali Potensi Dalam Proses Pembelajaran Strategi Afektif untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(3), 01–13. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.406

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.