FENOMENA BULLYING DALAM KALANGAN SISWA DI SMP NEGERI 1 TARA
DOI:
https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i1.62Keywords:
Fenomena, Bullying, Siswa SMP.Abstract
Pada saat sekarang ini kasus tentang bullying sedang marak-maraknya terjadi pada kalangan siswa disekolah, bullying hampir terus hadir dalam dunia pendidikan seakan-akan tidak ada hentinya. Bullying merupakan perilaku yang menggunakan kekuatan yang digunakan untuk melukai seorang indivindu atau beberapa orang secara fisik atau secara psikologis. Para siswa yang menjadi korban dari bullying sering mendapatkan masalah sebagai dampak dari tindakan bullying yang dilakukan pelaku seperti masalah pada mental dan kesehatan fisik. Biasanya masalah yang sering dialami korban bullying adalah masalah mental yaitu merasa tidak aman saat berada dilingkungan sekolah dan selalu merasa takut dengan pelaku yang berpengaruh pada penurunan minat belajar siswa disekolah karena selalu merasa terancam. Berbagai hal sudah diupayakan dengan baik oleh guru-guru termasuk guru bk yang sangat berpengaruh dalam merubah perilaku sisiwa, dalam penanganannya memang sudah berhasil karena harus beberapa kali siswa yang menjadi pelaku bullying masuk keruang bk sehingga mereka sadar jika tindakan bullying itu tidak boleh dilakukan. Namun ketika satu pelaku sudah diamankan, muncul pelaku lainnya melakukan tindakan bullying dengan cara yang berbeda, sehingga pihak sekolah melakukan berbagai tindakan agar siswa-siswa menjadi sadar jika tindakan bullying termasuk dalam tindakan tercela dan tidak boleh dilakukan oleh siswa sebagai siswa yang terpelajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode penelitian adalah cara alamiah untuk bisa memperoleh data dengan maksud dan tujuan tertentu.
References
Adilla Nisa. 2009. Pengaruh Control Sosial Terhadap Perilaku Bullying Pelajar Disekolah Menengah Pertama. Jurnal Kriminologi Indonesia
Agisti Visty Sesha. 2021. Dampak bullying terhadap perilaku remaja masa kini. Jurnal intervensi sosial dan pembangunan (JISP)
Astuti, Ponny Retno 2008. Meredam Bullying. Jakarta: Grasindo
Coloroso. 2007. The Bully, The Bullied And The Bystander. New York: Harpercollins
Coloroso Barbara. 2006. Penindas, Tertindas, Dan Penonton: Resep Memutus Rantai Kekerasan Anak Dari Prasekolahhingga SMU. Jakarta: Serambi Ilmu Pustaka
Febriyanto Angga. 2022. Fenomena Bullying Di Madrasah (Studi Pada Man 3 Sleman). Proceeding Of International Conference On Islamic Guidance Counseling
Kartini kartono. 2003. Patologi Sosial, Kenakalan Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Mulyono. 1995. Pendekatan Analisis Kenakalan Remaja Dan Penanggulannya. Yogyakarta: Kanisius
Priyatna Andri. 2010. Lets End Bullying: Memahami, Mencegah, Dan Mengatasi Bullying. Jakarta: Elex Media Komputindo
Saliman. 2015. Bentuk-Bentuk Kenakalan Siswa SMP Di Kota Yogyakarta. Jipsindo no.2, volume 2
Santrock, JW. 2007. Remaja (Edisi Ke-11 Jilid Satu). Jakarta: Erlangga
Sejiwa. 2008. Bullying Panduan Bagi Orang Tua Dan Guru Mengatasi Kekerasan Di Sekolah Dan Lingkungan. Jakarta: Grasindo
Singgih Gunarso. 1988. Psikologi Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulya
Sudarsono. 1991. Kenakalan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukawati Asri. 2021. Fenomena Bullying Berkelompok Disekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Sulisrudatin Nunuk. 2015. Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tujuan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara
Susanti Retno. 2008. Meredam Bullying. Jakarta: Grasindo
Zain Zakiyah Ela. 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & Ppm