Kecanduan Game Online Dalam Penanganannya Dalam Konseling Individual Pada SMP N 01 Bonjol

Authors

  • Rahmat Hidayat Universitas Prima Nusantara
  • Dina Ediana Universitas Prima Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i1.378

Keywords:

Kecanduan Game Online, Konseling Individual, BMB3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan layanan konseling Individual pada konseli yang mengalami kecanduan game online Objek penelitian adalah seorang laki-laki berusia 19 tahun yang tinggal di daerah Bekasi. Permasalahan ini diteliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui kegiatan observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian disajikan melalui dinamika BMB3 dalam layanan konseling Individual dilakukan dengan beberapa tahap, antara lain: (1) Pengantaran; (2) Penjajakan; (3) Penafsiran; (4) Pembinaan; (5) Penilaian. Penerapan konseling Individual diarahkan kepada perilaku positif terstuktur yang dilihat melalui proses berpikir, merasa, bersikap, bertindak dan bertanggung jawab pada diri konseli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling Individual dengan konsep BMB3 efektif untuk menangani permasalahan kecanduan game online.

References

Griffiths, M. (2005). A ‘components’ model of addiction within a biopsychosocial framework. Journal of Substance Use, 10(4), 191–197.

Hepper, P. P., Kivlighan, D. M., & Wampold, B. E. (2008). Research Design In Counseling (Third Edit). Thomson Brooks/Cole.

WHO tetapkan kecanduan game sebagai gangguan mental, bagaimana “gamer” Indonesia bisa sembuh?, (2018).

Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2012). Internet Gaming Addiction: A Systematic Review of Empirical Research. International Journal of Mental Health and Addiction, 10(2), 278–296.

Persada, G. A., Hafina, A., & Nurhudaya, N. (2017). Program Konseling Restrukturisasi Kognitif Untuk Mereduksi Kecenderungan Adiksi Game Online Pada Remaja. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(1), 79–92.

Prayitno. (2018). Konseling Profesional Yang Berhasil: Layanan dan Kegiatan Pendukung. Depok: Rajawali Pers.

Sari, A. (2012). Hubungan Perilaku Kecanduan Game Online dengan Prestasi Belajar Siswa Di Smp N 4 Padang. In Document Repository Universitas Andalas. Fakultas Keperawatan Universitas Andalas.

Supriyo. (2008). Studi Kasus Bimbingan dan Konseling. Semarang: Cv. Nieuw Setapak.

Van Rooij, A. (2011). Online video game addiction: Exploring a new phenomenon.

Weinstein, A. M. (2010). Computer and video game addiction—a comparison between game users and non-game users. The American Journal of Drug and Alcohol Abuse, 36(5), 268–276.

Winkel, W. S. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Wu, T. C. (Emily), Scott, D., & Yang, C. C. (2013). Advanced or Addicted? Exploring the Relationship of Recreation Specialization to Flow Experiences and Online Game Addiction. Leisure Sciences, 35(3), 203–217.

Yee, N. (2002). Understanding MMORPG addiction.

Young, K. S. (1998). Internet addiction: The emergence of a new clinical disorder. Cyberpsychology & Behavior, 1(3), 237–244.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Rahmat Hidayat, & Dina Ediana. (2024). Kecanduan Game Online Dalam Penanganannya Dalam Konseling Individual Pada SMP N 01 Bonjol. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 163–168. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i1.378

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.