Karakteristik Dan Modernisasi Pendidikan Perspektif Azyumardi Azra Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Kontemporer

Authors

  • Syifa Ulhusni Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Maragustam Maragustam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.438

Keywords:

Karakteristik, Pendidikan Islam, Modernisasi, Azyumardi Azra

Abstract

Pendidikan islam yang digagas oleh Azyumardi Azra melalui karakteristik dan modernisasi yang di lakukannya sangat berdampak pada perkembangan pendidikan islam pada era kontemporer. membentuk manusia yang taat kepada Allah akan tetapi juga mencerdaskan peserta didik, terampil, berbudi pekerti luhur, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakteristik dan modernisasi pendidikan Islam perspektif Azyumardi Azra dan untuk mengetahui relevansinya dengan pendidikan islam kontemporer. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini bersifat library reseach atau studi kepustakaan. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pendidikan Azyumardi Azra meliputi: tujuan pendidikan, kurikulum pendidikan dan demokrastisasi pendidikan. Sedangkan modernisasi pendidikan islam mencakup segala aspek kehidupan masyarakat muslim sesuai perkembangan zaman. Pendidikan Islam juga perlu terus beradaptasi dengan perkembangan zaman agar tetap relevan dan efektif dalam mendidik generasi muda sesuai dengan tuntutan zaman dan kebutuhan masyarakat. Relevasinya terhadap pendidikan islam kontemporer yaitu pembaruan Madrasah dan Universitas dan kurikulum dengan memiliki peran dalam meningkatkan kualitas. Memodernisasikan pendidikan islam dari pendidikan yang sudah ada ke pendidikan modern.

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Syifa Ulhusni, & Maragustam Maragustam. (2024). Karakteristik Dan Modernisasi Pendidikan Perspektif Azyumardi Azra Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(3), 117–140. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.438

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.