Mereduksi Perilaku Bullying Menggunakan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing di SMP Negeri 48 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i4.490Keywords:
Bullying, Bimbingan Kelompok, Role PlayingAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas teknik role playing dalam bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku bullying di SMP Negeri 48 Surabaya. Bullying, baik fisik, verbal, maupun cyberbullying, merupakan masalah serius yang berdampak negatif pada korban dan menciptakan lingkungan sekolah yang tidak sehat. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus intervensi, melibatkan siswa yang menjadi korban bullying dan kelompok kontrol. Teknik role playing digunakan untuk membantu siswa memahami dampak bullying dan mengembangkan empati. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang bullying dan penurunan perilaku bullying di kalangan siswa yang mengikuti intervensi. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan kesadaran siswa tentang bullying hingga 72,66%, dan 67% dari siswa setuju bahwa role playing efektif dalam mengurangi bullying. Penelitian ini menegaskan pentingnya bimbingan kelompok dengan teknik role playing dalam menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan mendukung perkembangan psikososial siswa. Hasil ini juga dapat menjadi acuan bagi sekolah lain dalam mengimplementasikan program pencegahan bullying yang lebih interaktif dan reflektif.
Kata kunci: Bullying, Bimbingan Kelompok, Role Playing.
References
Adit, G. N., Hendriana, H., & Rosita, T. (2019). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Mengurangi Perilaku Bullying pada Peserta Didik SMP “X” di Kota Bandung. Jurnal Fokus, 2(6), 213–228.
Adityawarman, L. P., Hidayati, A., & Arief, M. (2020). Peran Bimbingan Kelompok dalam Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Advice, 2(2), 165–177.
Agustin, N. A., Abidin, Y., & Rakhmayanti, F. (2022). Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 1–9.
Chadijah, S. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playing pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar (JAA), 4(2), 161–174.
Erlangga, E. (2017). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 149–156. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1332
Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057
Halawa, P. Y. A. B. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingana Kelompok Dengana Menggunakan Teknik Rolea Playing untuk Mengurangi Perilaku Bullyinga Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Lahusa Tahun Pelajaran 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 1–12. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/FAGURU
Hanan, A. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Bimbingan konseling Siswa Kelas VIII.C Melalui Bimbingan Kelompok Semester Satu Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(1), 62–73.
Hayanti, N. (2021). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belaja Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playing pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di MAN 5 Sleman. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(2), 1–11.
Hayati, N., Tarbiyah, F., Keguruan, I., Bimbingan, P., Konseling, D., & Yusri, F. (2023). Upaya Edukasi Pencegahan Bullying pada Siswa SMPN 1 Enam Lingkung di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan (JKPPK), 1(1).
Kamalia, A., & Rahim, A. (2022). Penerapan Metode Role Playing pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Guppi Cinini Indramayu. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(2), 2807–2937. http://bajangjournal.com/index.php/JOEL
Khoiro, D. M., & Akhwani, A. (2021). Studi Komparasi Metode Pembelajaran Role Playing dan Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3352–3363. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1359
Kurnia, D., & Aeni, A. N. (2018). Indikasi Bullying Fisik pada Siswa SD dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Akhlak Menurut Tuntunan Agama. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 97. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11641
Maemunah, S., & Karneli, Y. (2021). Teknik Role Playing dalam Mengurangi bullying di SMP Muhammadiyah 3 Jakarta. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v2i1.4729
Popytasari, H., & Naqiyah, N. (2021). Teknik Role Playing dalam Bimbingan dan Konseling untuk Perilaku Bullying di Sekolah Menengah. Jurnal Fokus Konseling, 7(2), 76–89. https://doi.org/10.52657/jfk.v7i2.1425
Putriani, F. A. (2023). Laporan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling Upaya Mereduksi Perilaku Bullying Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa SMP Negeri 1 Ngoro. Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner, IV(1), 21–27.
Rahmawati, A. T., Setianingsih, E. S., & Primaningrum, D. (2023). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing dalam Mengurangi Perilaku Bullying Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Randublatung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 1–5.
Siregar, T., Rosnawati, R., Nizar Rangkuti, A., & Hilda, L. (2024). Upaya Mereduksi Perilaku Bullying Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing pada Siswa MTS Negeri 1 Padangsidimpuan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 1–9.
Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173
Yunita, T., Rafifah, T., & Anggraeni, D. (2022). Say No to Bullying Behavior : Implementasi Nilai Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 183–189. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.174
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.