Penggunaan Media Pembelajaran Desain Grafis Melalui Aplikasi Canva

Authors

  • Husain Al Hidayah Univeritas Muhammadiyah Makassar
  • Hasan Muh. Hidayatullah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Anin Asnidar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nasir Nasir Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.335

Keywords:

Learning Media, Graphic Design, Canva Application

Abstract

Learning media are all means, tools as media used in the teaching and learning process, including graphic design through thecanva application.Graphic design isacommunication processthat usesvisual elementssuchaswriting, shapes,andimagestoconvey messages.Canva is one of the applications that can be used for graphic design. This study aims to describe the use of learning media through the canva application. The research method used is descriptive qualitative. The results of the study are expected that students are ableto use graphic design learning media through thecanva application.

References

AKala’ lembang, dkk. 2021. Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva, JPM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat,2(2),91-102.

Arumi, E, R, & Burhanuddin, A., 2018. Peningkatan Kreatifitas Siswa Sekolah Menengah Pertama Dengan Pelatihan Corel Draw, Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Jafnihirda, Lika., Diani, & Sefriani, Rini. 2019. “Pengembangan Modul Pembelajaran Desain Grafis Berbasis 3D Page flip Professional (Studi Kasus Kelas XTKJ SMK Muhammadiah1 Padang),”JurnalPedidikanTeknologiInformasi,Vol.6,No.1.Hal45-54.

KKasman, Nurindah.(2021). Implementasi media pembelajaran berbasis android terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Akademia: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 1-12.

NLRoma, dkk.(2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sebagai Media Pembelajaran IPA. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar),1(2),181-186.

Nnasir (2016). Efektivitas penggunaan media pembelajaran pelajaran pendidikan agama islam berbasis Power Point dikelas VIII SMP UNISMUH MAKASSAR. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 1(2), 75-89.

Nurdiansyah. 2019. media pembelajaran inovatif . UMSIDA Press. Universitas Muhammadiyah Sidiarjo. Belajar dan Pembelajaran. Remaja Rosida karya offiset Bandung.

Sari,M.,& Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1),41-53.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan,4(1),430.

SonyJunaedi. (2021).Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Mahasiswa Pada Mata Kuliah English for. 07, 80–89.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d).

Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suparno,S.,2016.Kreasi Desain Grafis Inovatif dengan Corel Draw.Jakarta: PTE lex Media Komputindo.

Supradaka.2022.“Pemanfaatan Canva Sebagai Media Perancangan Grafis. Jurna likraith- teknologi, 6(1), 62-68.

Tafonao,T.2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.

Jurnal Komunikasi Pendidikan,2(2),103-114.

Wisnu SiwiS, dkk. 2022. Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva untuk Remaja di DesaKalikejambon. Jurnal Pengabdian Masyarakat,3(3), 105-10

Downloads

Published

2024-01-21

How to Cite

Husain Al Hidayah, Hasan Muh. Hidayatullah, Anin Asnidar, & Nasir Nasir. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Desain Grafis Melalui Aplikasi Canva. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 97–102. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.335

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.