Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Erika Setiowati STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
  • Syamsul Hadi STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
  • Maria Ulfa STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
  • Ahmad Dainuri STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
  • Fajar Sholeh STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
  • Miftahus Surur STKIP PGRI Situbondo Indonesia
  • Zainul Munawwir STKIP PGRI Situbondo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.321

Keywords:

Critical Thinking, Literacy Mathematic, Literacy review

Abstract

Mathematical literacy is a person's ability to formulate, use and interpret  mathematics in various contexts of daily life problems efficiently. Literacy skills students not only have numeracy skills but also the ability to think logically and critically in solving problems. Mathematical literacy has a significant positive impact on students' critical thinking abilities. This research aims to describe the influence of mathematical literacy on students' critical thinking abilities in mathematics subjects. The method used in this research is a literature review. The results of this research show a strong relationship between mathematical literacy and critical thinking skills. Mathematical literacy involves understanding, using, and interpreting mathematical concepts in a variety of concepts, while critical thinking skills involve analysis, evaluation, and rational decision making. Mastery of mathematical literacy can improve students' critical thinking abilities, because mathematics involves problem solving and logical reasoning. Thus, developing mathematical literacy can contribute to improving students' critical thinking abilities

References

Abdullah, Ahmad Anis, and Rino Richardo. 2017. “Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memilih Makanan Sehat Dengan Pembelajaran Literasi Matematika Berbasis Konteks.” Jurnal Gantang 2 (2): 89–97. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.193.

Aledya, Vivi. n.d. “KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA.”

Anggraeni, Nofi, Tin Rustini, and Yona Wahyuningsih. 2022. “KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS TINGGI” 8 (1).

Anjani, Rifni. n.d. “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA GAYA BELAJAR ACCOMODATOR DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 MUARO JAMBI.”

Azizah, Mira, Joko Sulianto, and Nyai Cintang. n.d. “ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM 2013.”

Badarudin, Badarudin, Arifin Muslim, Elly Hasan Sadeli, and Arif Dwi Nugroho. 2022. “MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KRAMAT KEMBARAN.” Khazanah Pendidikan 16 (1): 154. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.13359.

Binasdevi, Misbah. 2021. “HUBUNGAN KEGIATAN LITERASI SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI MEDIASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PENDIDIKAN DASAR.” MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah 3 (1): 70–82. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v3i1.4793.

Dian Oktaviani, Annisah, Shoffan Shoffa, and Febriana Kristanti. 2023. “Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning.” Journal of Education and Teaching (JET) 4 (2): 276–82. https://doi.org/10.51454/jet.v4i2.234.

Farida, Nur. 2022. “Dampak Pola Berpikir Kritis Mahasiswa pada Kemampuan Literasi Matematika di Era New Normal” 4 (4).

Hadiryanto, Soleh, and Dina Thaib. 2017. “PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KONSEP RESPIRASI.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 8 (1): 55. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5122.

Handayani, Fitri. 2020. “Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Literasi Digital Berbasis STEM pada Masa Pandemik Covid 19.” Cendekiawan 2 (2): 69–72. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.184.

Hasanah, Zaidah Nurul, Budi Usodo, and Dewi Retno Sari Saputro. 2021. “KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMA PADA KONTEKS PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10 (4): 2395. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4178.

Khotimah, Husnul. 2021. “PERKEMBANGAN LITERASI MATEMATIKA DI INDONESIA” 1.

Kintoko, Kintoko, St Budi Waluya, Iwan Junaedi, and Nuriana Rachmani Dewi. n.d. “Literasi Numerasi dan Berpikir Kritis: Systematic Literature Review.”

Lindawati, Sri. 2018. “LITERASI MATEMATIKA DALAM PROSES BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS.” Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika 1 (1): 28–33. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i1.18.

Maharani, Deanti Artika, and Agung Prasetyo Abadi. 2019. “Kemampuan Literasi Matematis Dan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Serta Kaitannya Dengan Soal Matematika PISA.”

Mboeik, Verderika. 2023. “LITERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR.” Jurnal Citra Pendidikan 3 (1): 781–88. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i1.1421.

Naufal, Hanif, and Sari Risqi Amalia. 2022. “PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DI ERA MERDEKA BELAJAR MELALUI MODEL BLENDED LEARNING” 3 (1).

Nurhidayati, Putri, Nur Alim Noor, and Neng Nurwiatin. n.d. “Hubungan Penguasaan Literasi Matematika dengan Kemampuan Berpikir Matematis.”

Nurlaili, Nurlaili, Ahmad Fauzan, Yerizon Yerizon, Edwin Musdi, and Hendra Syarifuddin. 2022. “Analisis Literasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Integral.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6 (3): 3228–40. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1734.

Nurlan, Nurul Fatimah, Agustan Agustan, and Sulfasyah Sulfasyah. 2023. “Analisis Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Refraktif terhadap Kemampuan Literasi Matematika Sekolah Dasar.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 5 (1): 39–44. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3629.

Nuryanti, Lilis, Siti Zubaidah, and Markus Diantoro. n.d. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP.”

Oktariani, Oktariani, and Evri Ekadiansyah. 2020. “Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis.” JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) 1 (1): 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11.

Pambudi, Rilo Eko, Soewalni Soekirno, and Ema Butsi Prihastari. 2020. “PENGARUH AKTIVITAS LITERASI MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS IV” 3.

Permatasari, Kristina Gita. n.d. “PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH.”

Pramasdyahsari, Agnita Siska, S Pd, and M Pd. n.d. “BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN LITERASI MATEMATIKA MELALUI DIGITAL BOOK BERBASIS STEM PJBL.”

Purwati, Ratna, and Arif Fatahillah. 2016. “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN KUADRAT PADA PEMBELAJARANMODEL” 7 (1).

Putri Susanto, Nabilla Calista, Sulis Janu Hartati, and Windi Setiawan. 2022. “PENINGKATAN LITERASI NUMERASI DAN KARAKTER BERPIKIR KRITIS SISWA SD BERBASIS ETNOMATEMATIKA.” JIPMat 7 (2): 48–69. https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i2.12534.

Rahayuni, Galuh. 2016. “HUBUNGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN MODEL PBM DAN STM.” Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA 2 (2): 131. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926.

Salsabila, Yuke, Abdul Fatah, and Jaenudin Jaenudin. 2023. “Hubungan antara Literasi Numerasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP di Kecamatan Curug.” EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6 (1): 42–54. https://doi.org/10.46918/equals.v6i1.1789.

Saputri, Resti, Nintin Nurlela, and Yuyun Elizabeth Patras. 2020. “PENGARUH BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA” 03.

Sari, Rosalia Hera Novita. 2015. “Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?”

Sukmawati, Rika. n.d. “HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DENGAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA.”

Syafita, Dewi Nur Alya, Arum Dwi Rahmawati, and Anwas Mashuri. n.d. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBASIS LITERASI MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS” 10 (2).

Triandini, Evi, Sadu Jayanatha, Arie Indrawan, Ganda Werla Putra, and Bayu Iswara. 2019. “Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia.” Indonesian Journal of Information Systems 1 (2): 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916.

Wantika, Restu Ria, and Reni Tri Anggraini. 2019. “BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PERMASALAHAN MATEMATIKA DENGAN LITERASI MATEMATIS.” Jurnal Pendidikan Matematika.

Downloads

Published

2024-01-21

How to Cite

Erika Setiowati, Syamsul Hadi, Maria Ulfa, Ahmad Dainuri, Fajar Sholeh, Miftahus Surur, & Zainul Munawwir. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 55–68. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.321

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.