Hubungan Antara Penerapan Sistem Pembelajaran Moving Class Dengan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Informatika

Authors

  • Zahra Nafilatul Husna STKIP PGRI Situbondo Indonesia
  • Albani Idris STKIP PGRI Situbondo Indonesia
  • Elfina Elfina STKIP PGRI Situbondo Indonesia
  • Siti Romla STKIP PGRI Situbondo Indonesia
  • Nurin Kartika Wahyuningsih STKIP PGRI Situbondo Indonesia
  • Miftahus Surur STKIP PGRI Situbondo Indonesia
  • Nur Azizah STKIP PGRI Situbondo Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.323

Keywords:

Learning Motivation, Learning Results, Moving Class

Abstract

Moving class learning is a learning system that is carried out by moving classes according to the schedule of subjects that will be followed by students where the teacher is already in the classroom and ready to start learning. This research aims to describe moving class learning with motivation and learning outcomes. The method used in this research is a literature review. Literature Review is a search and research of the literature by reading and reviewing various journals, books and various other published manuscripts related to the research topic to produce an article relating to a particular topic or issue. This research collects data from related articles published in the 2012-2024 period via Google Scholar. A total of 11 articles were selected and analyzed based on the research methods used.

References

Arysandhi, Komang Nova, and Made Ary Meitriana. 2014. “Studi Komparatif Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS antara Moving Class dengan Kelas Menetap di SMP N 1 Kerambitan dan SMP N 2 Tabanan Tahun Pelajaran 2013/2014.” Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi 2 (1). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v2i1.12772.

Bella, Mira, Fitri Oviyanti, and Muhammad Fauzi. 1970. “PENERAPAN MODEL MOVING CLASS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI.” Jurnal PAI Raden Fatah 1 (3): 310–27. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i3.3458.

Chotimah, Minchoiril, and Nina Oktarina. 2019. “Pengaruh Penerapan Moving Class, Disiplin Belajar, dan Peran Guru Terhadap Hasil Belajar.”

Cintia, Nichen Irma, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. 2018. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA.” Perspektif Ilmu Pendidikan 32 (1): 67–75. https://doi.org/10.21009/PIP.321.8.

Dewi, Putu Ida Arsani, and I Made Sedana. 2022. “EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA PROGRAM MOVING CLASS DI SMAN 4 SINGARAJA.,” no. 2.

Fahrudin, Fuad, and Mariyah Ulfah. n.d. “PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.”

Harefa, Darmawan. 2023. “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA” 4 (1).

Hasnadi and Nurmalina. 2022a. “Sistem Pembelajaran Moving Class Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9 (1): 12–19. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.633.

Hidayanti, Eriza Nur. 2016a. “PENERAPAN METODE EDUTAINMENT HUMANIZING THE CLASSROOM DALAM BENTUK MOVING CLASS TERHADAP HASIL BELAJAR” 26.

Imanda, Rizky Cahya. n.d. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MOVING CLASS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI 1 KOTA PROBOLINGGO.”

Kurniawan, Hesti, and Eko Supri Murtiono. 2019. “EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM MOVING CLASS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DITINJAU DARI PERENCANAAN DAN PROSES PEMBELAJARAN (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 4 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2018/2019)” 5.

Meilani, Rini Intansari. 2017. “Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa” 1 (1).

Muh Ali, A., Satriawati Satriawati, and Rahma Nur. 2023. “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas VI Sekolah Dasar.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 3 (2): 114–21. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.150.

Ningrum, Wahyu Mulya, Muhammad Asrori, and Muhammad Syukri. 2018. “MANAJEMEN PERUBAHAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS SEKOLAH MELALUI PELAKSANAAN MOVING CLASS DI SMP.”

Noviasari, Irma. n.d. “FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARATA.”

Nurmala, Desy Ayu, Lulup Endah Tripalupi, and Naswan Suharsono. 2014. “PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI” 4 (1).

Nursella, Picha. n.d. “FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG BANDAR LAMPUNG.”

Pangesti, Widya Ayu, Achmad Fanani, and Danang Prastyo. 2020. “PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA.” Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 16 (30s): 27–32. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2753.

Putrielis, Ekwanis. 2017. “KETERKAITAN PENGGUNAAN MOVING CLASS DENGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN BELAJAR EKONOMI SISWA MAN 2 MODEL PEKANBARU.”

Rijal, Syamsu, and Suhaedir Bachtiar. 2015. “Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa.” Jurnal BIOEDUKATIKA 3 (2).

Sadarita, Andi, and Baskita Ginting. 2019. “Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAK Melalui Moving Class” 2 (1).

Sa’dullah, Anwar, and Abdul Jalil. 2019. “PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MOVING CLASS TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 01 MALANG” 4.

Saputri, Dian Eka. n.d. “Moch. Sya’roni Hasan STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombang, Indonesia Email: [email protected].”

Saputri, Vuvut Budi, Muh Misdar, and Muhamad Fauzi. 2022. “PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HUMANIZING THE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA” 4 (4).

Sengkoen, Jefri Frit, Vera Susanty Ma’i, and Fevra Deysi Tewuh. n.d. “KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD INPRES KAREGESAN” 3.

Septiyaningsih, Imada Cahya. 2016. “Pengaruh Pemanfaatan Penugasan Berbasis Proyek Tentang Sejarah Kota Lama Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Kelas XI SMA Negeri 3 Semarang.”

Sinta, Terakreditasi. 2020a. “Economic Education Analysis Journal.”

Sintara, Stefhani Tantra, and Hengky Pramusinto. 2015. “PENGARUH PENERAPAN SISTEM MOVING CLASS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015.”

Sumindar, Ahmad, and Wahyu Lestari. 2012. “MODEL PEMBELAJARAN MOVING CLASS MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA (KAJIAN KASUS) DI SMA KARANGTURI SEMARANG.”

Supriyanto, Didik. n.d. “MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN MELALUI MOVING CLASS.”

Tami, Ana Fitra. n.d. “PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN MOVING CLASS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XII IPS 2 Di MAN 1 PEKANBARU.”

Yulhakim, Fiqri, and Satria Wiguna. 2023. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Moving Class Di Kelas VIII SMP Al Hikmah Tanjung Pura.”

Downloads

Published

2024-01-21

How to Cite

Zahra Nafilatul Husna, Albani Idris, Elfina Elfina, Siti Romla, Nurin Kartika Wahyuningsih, Miftahus Surur, & Nur Azizah. (2024). Hubungan Antara Penerapan Sistem Pembelajaran Moving Class Dengan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Informatika. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 69–80. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.323

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.